Shin: Fisik Pemain Timnas Indonesia Belum Maksimal

0
422
Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong memberikan keterangan mengenai perkembangan skuadnya usai menjalani latihan di Lapangan Sepak Bola A Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (30/8/2022). (ant)

JAKARTA, WARTAALAM.COM – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, kondisi fisik pemain skuadnya belum maksimal sehingga dia harus mengganti beberapa pemain pilar pada babak kedua laga Grup A Piala AFF 2022 kontra Kamboja, Jumat (23/12/2022).

“Secara keseluruhan, performa tim kurang baik dan fisik belum maksimal. Saya pun mengambil keputusan untuk mengganti pemain-pemain tersebut,” ujar Shin usai pertandingan melawan Kamboja, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Pada laga yang dimenangkan Indonesia dengan skor 2-1, Shin menarik keluar pemain-pemain andalannya, Egy Maulana, Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, dan Witan Sulaeman pada paruh kedua laga.

Imbasnya, alur serangan Indonesia menurun yang membuat skuad berjuluk “Garuda” tidak mampu melesakkan gol usai jeda.

Menurut Shin, kebijakan tersebut terpaksa diambilnya demi menjaga kebugaran anak-anak asuhnya.

Tidak maksimalnya fisik pemain, juru taktik asal Korea Selatan itu mengatakan, terjadi karena kurangnya jam bermain anak-anak asuhnya di level klub setelah mereka berlaga melawan Curacao pada akhir September 2022.

“Pemain kami ada yang belum berlaga sejak dua sampai empat bulan setelah laga menghadapi Curacao. Contohnya Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam yang sempat cedera,” tuturnya.

Usai menghadapi Curacao, Pratama Arhan belum pernah merumput lagi untuk klubnya Tokyo Verdy di Liga 2 Jepang.

Adapun Asnawi baru satu kali bertanding untuk timnya Ansan Greeners di Liga 2 Korea Selatan pascalaga versus Curacao.

Selain itu, kompetisi di Indonesia yaitu Liga 1 musim 2022-2023 juga berhenti pada 2 Oktober-4 Desember 2022 menyusul terjadinya peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Shin Tae-yong yakin kualitas fisik para pemainnya akan terus membaik seiring waktu.

“Saya yakin ke depan akan lebih baik,” kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Timnas Indonesia mengawali kiprahnya di Piala AFF 2022 dengan memenangkan laga Grup A kontra Kamboja 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12).

Dua gol Indonesia diciptakan oleh Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Sementara Kamboja memperkecil kedudukan melalui Saret Krya.

Kemenangan atas Kamboja membuat Indonesia menduduki posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 dengan tiga poin dari satu laga dan selisih gol +1.

Berikutnya, Indonesia akan bertandang ke markas Brunei Darussalam, Senin (26/12), di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, mulai pukul 17.00 WIB. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini