Tol Bengkulu – Taba Penanjung Resmi Beroperasi dan Masih Gratis

0
518
Mulai hari ini ruas Tol Bengkulu - Taba Penanjung resmi beroperasi 24 jam dan gratis. (ant)

BENGKULU, WARTAALAM.COM – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, Tol Bengkulu – Taba Penanjung resmi beroperasi selama 24 jam mulai Jumat (23/12/2022) dan masyarakat dapat menggunakan tol tersebut secara gratis.

“Per hari ini, 23 Desember 2022, Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung mulai dioperasikan. Jadi masyarakat silakan menggunakan ruas jalan tol menjelang perayaan Natal dan tahun baru,” kata Rohidin Mersyah, di Kota Bengkulu.

Ia meminta masyarakat berhati-hati saat melintas di jalan tol tersebut,  sebab keselamatan berkendara harus menjadi prioritas.

Selain itu masyarakat harus mempunyai rasa memiliki terhadap infrastruktur yang ada di wilayah Bengkulu termasuk jalan tol, sehingga terjaga dengan baik dan dapat digunakan dalam jangka waktu panjang.

Selain itu, dengan beroperasinya ruas jalan tol tersebut dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ekonomi di Provinsi Bengkulu.

“Kami berharap juga tahapan – tahapan berikutnya bisa dilanjutkan sesuai dengan kondisi dan kemampuan keuangan negara,” ujarnya.

Branch Manager Tol Bengkulu Medya Gustian mengatakan, untuk tahap awal ruas Tol Bengkulu – Taba Penanjung akan digunakan secara gratis hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Terkait penggunaan tol berbayar nanti kami akan informasikan lagi karena perlu arahan dari regulator dan kami harus sosialisasi lagi,” ujarnya.

Ia mengatakan, Tol Bengkulu – Taba Penanjung akan beroperasi 24 jam dan tidak akan ada penutupan, sehingga dipastikan pengoperasian tol tersebut bukan hanya untuk perayaan Natal dan Tahun Baru.

Sebelumnya, Tol Bengkulu – Taba Penanjung telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 13 – 14 April 2022 dan uji coba dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen mudik Lebaran 2022 dengan 45 ribu kendaraan yang melintas.

Trans Sumatera ruas Lubuklinggau – Curup – Bengkulu sepanjang 95 km terbagi dalam tiga seksi.

Untuk seksi pertama Taba Penanjung – Bengkulu memiliki panjang 17,6 kilometer, seksi kedua yaitu Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 23,7 kilometer, dan seksi ketiga Lubuk Linggau – Kepahiang dengan panjang 54,5 kilometer. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini