Pemkab Lamsel dan Baznas Distribusikan 17 Ton Beras ke 17 Kecamatan

0
344

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) setempat mendistribusikan beras zakat fitrah ke 17 kecamatan di halaman Masjid Agung Kalianda, Senin (17/4/2023).

Sekira 17 ton beras yang akan dibagikan kepada mustahiq (penerima zakat) se-kabupaten itu.

Ketua Baznas setempat A. Mukhlisin mengatakan, tugas Baznas, menghimpun dan mengelola zakat fitrah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di kabupaten itu, hampir 100% ASN sudah melaksanakan zakat fitrah melalui Baznas.

“Zakat fitrah yang sudah masuk di Baznas hampir 100%. Ini ada 17 ton beras yang akan kami sebar di 17 kecamatan,” ujarnya.

“Bantuan untuk setiap kecamatan berbeda-beda, dilihat dari seberapa banyak mustahiq dan desa yang ada di kecamatan tersebut,” ujarnya.

Pelaksana tugas (Plt) Staf Ahli Bidang Keuangan Setdakab setempat Syamsiah mengatakan, Baznas merupakan lembaga yang memiliki peran penting dalam hal menghimpun dan menyalurkan zakat, infak dan sodakoh (ZIS).

Pemerintah senantiasa memberikan dukungan dan menghimbau kepada seluruh masyarakat serta ASN untuk menyalurkan Zakat, Infak dan Sodakohnya melalui Baznas.

“Upaya yang telah dilakukan untuk mengoptimalisasi pengumpulan dana zakat tersebut, melalui Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) yang tersebar di setiap instansi,” katanya.

Dia menginstruksikan, instansi terkait yang bertanggung jawab langsung atas penyaluran zakat fitrah senantiasa mengawasi dan memastikan penyalurannya berjalan tepat waktu dan tepat sasaran.

“Berikan zakat fitrah kepada warga yang benar-benar membutuhkan dan berhak menerimanya sesuai syariat Islam. Sama-sama kita berdoa semoga dengan zakat fitrah yang telah kita berikan ini sempurnakan ibadah dan senantiasa memberikan kesehatan serta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, tuturnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini