Bupati Lamsel Terima Audiensi UPT Kesatuan Pengelola Hutan

0
213

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto menerima audiensi UPT Kesatuan Pengelola Hutan (KPH), di ruang Vidcon Rumah Dinas Bupati, Selasa ( 22/11/2022).

Audiensi tersebut dalam rangka koordinasi dan meminta petunjuk pemerintah daerah setempat terkait percepatan Program Perhutanan Sosial dan Pembangunan Wilayah Terpadu.

Kepala KPH Way Pisang Wahyudi Kurniawan mengatakan, Perhutanan Sosial program nasional yang bertujuan melakukan pemerataan ekonomi dan mengurangi ketimpangan ekonomi melalui tiga pilar, lahan, kesempatan usaha, dan sumberdaya manusia.

Perhutanan sosial diperuntukan bagi masyarakat yang sudah terlanjur mengelola kawasan hutan kemudian diberikan legalitas atau izin pemerintah pusat untuk mengelola kawasan hutan tersebut, katanya.

Menurut dia, saat ini program perhutanan sosial sudah berjalan di Lampung Selatan seperti di daerah Way Kalam, Kecamatan Penengahan, Sukaraja, Kecamatan Rajabasa, di Kecamatan Tanjungbintang dan di beberapa kawasan hutan lainnya.

Dia mengaku, perlu kolaborasi dan sinergi bersama pemerintah daerah dalam percepatan program perhutanan sosial dan pembangunan wilayah terpadu.

Pada kesempatan itu, Nanang Ermanto mengatakan, saat ini kabupaten tersebut konsen kepada pembangunan wilayah terpadu termasuk kawasan wisata terpadu dan kawasan hutan terpadu hingga di desa-desa.

Menurut dia, Perhutani bisa masuk dan memberikan edukasi maupun sosialisasi kepada masyarakat dalam percepatan program perhutanan sosial maupun pengelolaan hutan lainnya.

“Sebetulnya kami ada program di desa-desa, Perhutani bisa masuk saat rakor, yang penting tidak ada pungutan dan fasilitasi pinjaman-pinjaman kepada masyarakat,” katanya.

Tujuan pemerintah daerah, kata dia, bagaimana potensi daerah bisa mensejahterakan dan dinikmati masyarakat termasuk potensi pada sektor kehutanan. (hen/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini