Rakor Inflasi Minggu Keempat Januari 2024, Inflasi Turun 2,61 Persen

0
312

Lampung Selatan, wartaalam.com–Menteri Dalam Negeri RI, M. Tito Karnavian mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam menurunkan angka inflasi di Indonesia.

Hal ini disampaikan Tito Karnavian saat menyampaikan materi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi Daerah yang berlangsung secara virtual meeting, Senin (22/1/2023).

Rakor ini juga diikuti Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pemkab Lampung Selatan melalui aplikasi zoom meeting dari ruang Kabag Perekonomian, Setdakab setempat.

Tito Karnavian menyampaikan, mengenai perkembangan inflasi di Indonesia yang kini telah mengalami penurunan dan berhasil berada di angka 2,61 persen per Desember 2023.

Menurut dia, dibandingkan dengan November 2023 sekira 2,86 persen, pada Desember 2023 inflasi Indonesia telah turun 0,41 persen.

“Ini baik, terjaga dan ini hasil kerja keras semua. Kita sudah melaksanakan rapat ini kurang lebih 1 tahun 4 bulan dari September 2022. Dimana angka inflasi tertinggi pada tahun 2022 mencapai 5,51 persen,” ujarnya.

Dia berpesan, daerah tidak lengah dan terus melakukan langkah-langkah pencegahan agar tidak terjadi kenaikan inflasi lebih tinggi lagi.

Adapun beberapa langkah-langkah yang dapat diambil pemerintah daerah, di antaranya bantuan sosial, gerakan pasar murah serta beberapa cara lainnya yang mampu menstabilkan kembali harga barang.

“Sebagai gambaran inflasi tahun per tahun 2,61 persen secara nasional itu tidak menggambarkan angka yang sama di semua daerah. Angka di atas 2,61 persen ini tolong segera melakukan langkah-langkah intervensi, mencari tahu penyebab kenaikannya,” katanya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini