Pemeriksaan Kesehatan Calon Petugas KPPS di Lampung Selatan Mendapat Keringanan Biaya

0
211

Lampung Selatan, wartaalam.com– Pemeriksaan kesehatan calon petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kabupaten Lampung Selatan mendapatkan keringanan dari pemerintah setempat.

Menurut Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto saat audiensi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), di ruang kerjanya setempat, Rabu (13/12/2023), pihaknya mendukung kegiatan Pemilu Serentak 2024.

Menurutnya, tugas KPPS termasuk hal yang berat, petugas KPPS harus dipastikan sehat selama menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.

“Kami sudah komunikasikan langsung dengan kepala Dinas Kesehatan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas untuk petugas KPPS diringankan. Pada intinya kami selalu mendukung untuk pelaksanaan pemilu,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Lampung Selatan Asma Emilia mengatakan, dalam pemeriksaan kesehatan para calon petugas KPPS nantinya melakukan pemeriksaan, seperti gula darah, kolestrol dan tekanan darah.

“Pemeriksaan termasuk gula darah, kolestrol dan tekanan darah yang akan dicantumkan dalam surat keterangan sehat dari Puskesmas. Mungkin ini yang harus didiskusikan, supaya masyarakat yang daftar jadi KPPS di puskes mendapat keringanan biaya,” katanya.

Dia mengatakan, terdapat 27 ribu orang yang akan menjadi petugas KPPS dalam kegiatan demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan berlangsung pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Untuk Linmas di setiap TPS nanti akan kembali dikoordinasikan dengan pihak desa, kemudian nanti akan disesuaikan SK dari pihak KPU atau dari desa. Termasuk juga akan dikoordinasikan mengenai hak pilih warga binaan di Lapas/Rutan,” tuturnya. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini