Kabag SDM Polres Lampung Barat Ajak Pelajar SMAN 1 Liwa Hindari Narkoba dan Kenakalan Remaja

0
64

Lampung Barat, Wartaalam.com – Antisipasi kenakalan remaja dan mencegah secara dini tindak kriminalitas di kalangan pelajar, Polres Lampung Barat menggelar program Police Goes to School di berbagai Sekolah Menengah Atas yang ada di kabupaten setempat, Senin (20/11/2023).

Kabag SDM dan para pejabat utama (PJU) Polres Lampung Barat disebar ke berbagai SMA/SMK untuk menjadi pemimpin upacara.

Kompol Abdurrahman Mewakili Kapolres Lampung Barat melaksanakan Police Goes To School di SMA Negeri 1 Liwa kabupaten Lampung Barat.

Dalam kegiatan tersebut Kabag SDM menyampaikan amanat Kapolda Lampung Inspektur Jenderal Polisi Helmy Santika mengatakan, pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin yang dilaksanakan adalah proses menanamkan nilai-nilai sikap kedisplinan, penghormatan kepada para pahlawan serta dapat dijadikan untuk membentuk diri dalam bersikap sebagai seorang pelajar yang berkarakter sehingga berguna bagi bangsa dan negara.

“Program ‘police goes to school’ menjadi salah satu inovasi yang gencar kami lakukan dan kegiatan ini merupakan program Kapolda lampung guna untuk meningkatkan kesadaran para pelajar terhadap kamtibmas. Serta mencegah pelajar terjerumus kepada berbagai aksi kenakalan remaja yang berujung kepada tindakan kriminal,” katanya.

‘’Saat ini banyak terjadi kenakalan remaja di kalangan pelajar, antara lain penyalahgunaan narkotika dan obat – obatan terlarang, perilaku bullying, geng motor dan tawuran antarpelajar,
kita telah mendengar berita di media sosial tentang tawuran contoh miris kejadian nyata yang terjadi di akhir Oktober 2023, berawal dari saling tantang di media sosial yang berakibat satu siswa meninggal dunia karena luka senjata tajam,” katanya.

Kenakalan remaja merupakan suatu bentuk kegagalan dalam mengkontrol diri, sehingga siswa/i menjadi kurang mengetahui terhadap cara berperilaku yang baik bahkan sampai dengan melakukan pelanggaran ataupun melakukan tindakan kriminal.

Sebelum mengakhiri amanatnya Kabag SDM berpesan kepada para siswa/I sbb:

1. Perkuat iman dan takwa kepada tuhan yang maha esa, dengan cara memperbaiki kualitas ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing;

2. Kepada para dewan guru untuk selalu memberikan teladan, apresiasi dan selalu menyelipkan pesan moral pada setiap proses pembelajaran yang diberikan kepada para siswa/siswi;

3. Kepada para siswa/siswi, isilah hari- harimu dengan berbagai kegiatan yang bernilai positif dan bermanfaat bagi masa depanmu;

4. Saya menghimbau kepada para siswa untuk tidak melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain yang menjurus kepada tindakan pelanggaran hukum;

5. Perkuat persatuan dan kesatuan sesama pelajar serta saling menghormati guna terwujudnya keamanan dan ketertiban, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah.

“Dengan Kegiatan Police Goes to School semoga bisa merupah pola fikir kita semua untuk selalu berbuat baik, berfikir baik dan semoga kita semua dapat mencapai cita cita yang terbaik, dan saya berharap semoga kelak kalian benar benar menjadi penerus bangsa yang baik dan berbudi luhur,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini