Tim Korbinmas Baharkam Polri Mengunjungi Polres Lampung Tengah

0
197

LAMPUNG TENGAH, WARTAALAM.COM – Tim Korbinmas Baharkam Polri mengunjungi Polres Lampung Tengah, Polda Lampung dalam rangka Supervisi Fungsi Binmas T.A 2023, di Aula Atmani Wedhana Mapolres setempat, Kamis (9/11/2023).

Rombongan Korbinmas Baharkam Polri yang dipimpin Ketua Tim Kombes Pol. Hari Purnomo beserta pendamping dari Dit Binmas Polda Lampung tersebut diterima Kapolres Lampung Tengah AKBP Andi Purnomo Sigit beserta PJU dan perwira lainnya.

Dalam kegiatan itu, ketua tim beserta anggotanya melaksanakan asistensi evaluasi bhabinkamtibmas dan supervisi fungsi Binmas serta Polisi RW di jajaran Polres Lampung Tengah.

Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik menyampaikan ucapan terimakasih dan berbangga karena wilayah hukum Polres Lampung Tengah termasuk dalam
wilayah sebagai percontohan program Polisi RW.

Dia berharap, dengan adanya program itu permasalahan yang ada di tengah masyarakat bisa cepat diterima dan cepat diberikan solusi pemecahan masalah.

“Kami seluruh personel Polres Lampung Tengah dan jajaran meminta petunjuk dan arahan dari ketua Tim Supervisi Korbinmas Baharkam Polri, agar pelaksanaan Polisi RW kedepan dapat berjalan dengan optimal,” ujarnya.

Semantara itu, Ketua Tim Kombes Pol. Hari Purnomo selaku kasubdit Bintibsos Ditbintimbas Korbinmas Baharkam Polri mengatakan, kedatangannya bersama rombongan untuk meneruskan program unggulan kapolri terkait dengan Polisi RW.

Dengan adanya Polisi RW tersebut, diharapkan semua polisi nantinya akan bertatap muka langsung dengan masyarakat yang ada di RW atau lingkungan setempat membantu semua permasalahan yang ada di RW.

Kemudian, Kombes Pol. Hari Purnomo juga menjelaskan terkait perbedaan maupun persamaan dari tugas anggota bhabinkamtibmas dan Polisi RW kepada seluruh personel.

Hari mengatakan, persamaan anggota bhabinkamtibmas dan Polisi RW adalah sama-sama bertugas sebagai Polisi Masyarakat (Polmas).

“Perbedaannya, kalau bhabinkamtibmas adalah petugas Polmas yang melakukan pembinaan di wilayah desa/kampung, sedangkan Polisi RW adalah petugas Polmas yang melakukan pembinaan ditingkat RW/Dusun/ Lingkungan,” katanya.

Oleh karena itu kata Hari Purnomo, ini adalah program yang sedang digalakkan kapolri.

Tugas pokok dan fungsi Polisi RW tidak jauh berbeda dengan bhabinkamtibmas.

“Dengan harapan, Polisi RW ini nantinya akan lebih dekat dengan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, ketua tim juga turut membuka sesi tanya jawab dan berdialog dengan seluruh personel Polres Lampung Tengah terkait kendala yang ada di lapangan saat pelaksanaan tugas sebagai anggota bhabinkamtibmas maupun Polisi RW.

Ketua tim senang dan memberikan apresiasi kepada personel yang aktif bertanya dan menjawab sekaligus Polisi RW yang sudah turun ke lingkungannya hingga membuat grup WA dengan warga binaannya.

Terakhir, kepada seluruh personel Polisi RW, Kombes Pol. Hari Purnomo berpesan untuk bekerja secara ikhlas dan temui masyarakat dengan santun.

“Berikan semua informasi tentang apa saja program-program Polri. Kemudian, apapun permasalahannya yang ada di lingkungan RW tersebut, tolong berikan solusi yang terbaik, sehingga kehadiran kita di sana membuat dampak yang positif di masyarakat,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini