Pemkab Tanggamus Peringatan HCTPS XVI Tahun 2023

0
113

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM – Pj. Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan yang wakilkan Asisten II Sukisno menghadiri sekaligus membuka Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia XVI Tahun 2023, di SMPN 1 Gisting, Rabu (25/10/2023).

“Saya sampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh Jajaran Tim Penggerak PKK dan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus yang pada hari ini menggerakkan Peringatan HTCPS tingkat Kabupaten Tanggamus dengan tema “Clean hands are within reach” atau “Tangan bersih berada dalam jangkauan”.

“Kegiatan itu merupakan upaya kita bersama melaksanakan salah satu indikator 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yaitu mencuci tangan pakai sabun, sebagai langkah kongkrit dalam upaya kesadaran memutus rantai penularan penyakit dan upaya mencegah stunting,” ujarnya.

Lima Pilar STBM : Stop BAB sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, Pengolahan air minum dan makanan dengan benar, Pengelolaan sampah rumah tangga, Pengelolaan limbah cair rumah tangga agar tidak mencemari lingkungan.

“Hari ini, kita memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se-Dunia yang ke-16, merupakan momen penting untuk meng-kampanyekan perilaku mencuci tangan memakai sabun di air mengalir, karena sangat berdampak positif pada upaya mencegah penyakit menular dan upaya nyata menurunkan prevalensi stunting, sehingga kualitas SDM diharapkan dapat meningkat,” ujarnya.

“Saya berharap Peringatan HCTPS oleh Dinas Kesehatan yang bermitra dengan TP-PKK Kabupaten Tanggamus dapat membudayakan perilaku Hidup Bersih dan Sehat, sebagai garda terdepan dalam upaya mencegah penularan penyakit menular dan mencegah stunting, sehingga warga Kabupaten Tanggamus yang kita cintai ini selalu sehat sejahtera dan bebas stunting,” ujarnya.

“Mari kita mulai hidup sehat dari diri sendiri, Jangan kendur menerapkan perilaku baru, Cuci Tangan Pakai Sabun di Air Mengalir,” katanya.

Ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus Hellen Veranica Mulyadi dalam sambutanya, hari cuci Tangan Pakai Sabun se-dunia yang selalu diperingati setiap 15 Oktober adalah kampanye global yang dicanangkan PBB bekerjasama dengan organisasi lainnya, baik pihak pemerintah dan swasta untuk menggalakkan perilaku CTPS. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan WHO diketahui bahwa perilaku CTPS dapat menurunkan kasus diare hingga 45 %, serta mampu mencegah infeksi cacing, infeksi mata dan penyakit kulit.

Tujuan Peringatan HCTPS Sedunia secara umum membiasakan diri Cuci Tangan Pakai Sabun pada anak usia sekolah sejak dini, beserta seluruh keluarga dan bagaimana peran perempuan untuk penurunan stunting.

Cuci Tangan Pakai Sabun merupakan cara mudah hidup sehat, murah dan bisa dilakukan siapa saja guna mencegah berbagai penyakit menular.

“Kita ingin wujudkan anak didik dan masyarakat, mengerti dan membiasakan diri untuk CTPS, melakukan 6 waktu kritis CTPS yaitu sebelum makan; setelah BAB; setelah menceboki bayi; sebelum menyusui; sebelum menyiapkan makan dan setelah kontak dengan hewan,” katanya.

Membiasakan diri untuk mencuci tangan pakai sabun berarti mengajarkan anak-anak, seluruh keluarga dan masyarakat untuk selalu hidup sehat sejak dini. Seperti yang kami sosialisasikan cuci tangan pakai sabun dapat dengan mudah dilakukan, dengan penuh keceriaan dan tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal.

“Penanaman perilaku CTPS sejak dini di bangku pendidikan hendaknya terus kita bimbing sampai ke rumah dan di manapun mereka berada, sehingga perilaku sehat ini terpelihara, kontinyu dan menjadi budaya.”

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Dunia dilaksanakan di SMPN 1 Gisting, Kecamatan Gisting, dan diikuti secara serentak di 19 kecamatan lainnya di Kabupaten Tanggamus

Melalui kegiatan itu diharapkan partisipasi aktif seluruh masyarakat Tanggamus ikut membiasakan perilaku sederhana Cuci Tangan Pakai Sabun yang pada akhirnya menjadi perilaku sehari-hari dan membudaya.

Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat dalam wawancaranya, peringatan cuci tangan sedunia di Kabupaten Tanggamus dipusatkan di SMP 1 Gisting.

“Kami juga telah memberikan surat edaran ke 20 kecamatan, hari ini kita akan melakukan kegiatan serentak hal yang serupa yaitu cuci tangan sedunia, tujuannya mensosialisasikan cuci tangan pakai sabun, hal ini merupakan kontek pencegahan terhadap penyakit menular, yang kita ketahui juga penyakit menular sangat berpengaruh terhadap upaya penurunan stunting,” katanya.

Hadir juga Asisten II Sukisno, anggota DPRD Provinsi Lampung dan anggota DPRD Kabupaten Tanggamus Forkompinda, Para OPD, ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus, ketua GOW Kabupaten Tanggamus, Camat Gisting, Uspika Kecamatan Gisting, Rabu kepala Puskesmas Gisting, kepala pekon se-Kecamatan Gisting, kepala SMPN 1 Gisting dan para panitia serta undangan. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini