Penjabat Bupati Pringsewu Pimpin Upacara Hari Santri Nasional 2023

0
91

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Penjabat Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah pimpin upacara Hari Santri Nasional 2023, di halaman Masjid Agung Al-Asm’aul Husna, Islamic Centre, Pagargunung, Fajaragung Barat, kabupaten setempat, Minggu (22/10/2023).

Hadir Ketua DPRD Pringsewu Suherman dan Sekretaris Daerah Heri Iswahyudi beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda serta Kementerian Agama, para ulama dan pondok pesantren serta diikuti para santri.

Membacakan amanat tertulis Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, penjabat bupati Pringsewu menyampaikan, sejak ditetapkan pada 2015, setiap tahun secara rutin diselenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema berbeda, untuk tahun 2023 mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” yang memiliki makna mendalam.

Dia mengatakan, jihad dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan menguatkan iman, memperdalam ilmu dan memperbaiki diri, pada momentum Hari Santri menjadi renungan peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa.

“Sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari,” katanya.

Santri, menurutnya, harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi dan persaudaraan. Tentunya juga harus diingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa, yakni terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia.

Peringatan Hari Santri bukanlah milik santri semata, tetapi milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air dan keteguhan menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Dia mengajak semua warga Indonesia apapun latar belakangnya, untuk turut serta ikut merayakan Hari Santri, dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

“Hari Santri momentum yang tepat untuk merefleksikan peran kita dalam menjayakan negeri ini. Sebagai generasi penerus, kita harus terus belajar dan berusaha ulmencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan pengetahuan umum,” ujarnya.

Menteri Agama juga mengajak semua elemen untuk bersatu, berjuang dan menjalankan peran
sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri. Serta selalu berdoa agar
Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk, kekuatan dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri yang berkomitmen pada “Jihad Santri Jayakan¬†Negeri”.¬†(pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini