Sambut Hari Santri Nasional 2023, IPNU dan IPPNU Pringsewu Gelar Kemah Santri Nusantara

0
186

PRINGSEWU, Wartaalam com – Pendidikan melalui kepramukaan merupakan kegiatan yang sangat positif dan banyak diminati para pelajar, baik dari tingkat anak Usia Dini, SD, SMP maupun SMA sederajat. Karena di dalamnya terkandung unsur kepemimpinan, sosial, kebangsaan dan bela negara kepada seluruh peserta.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi, saat membuka Kemah Santri Nusantara (KSN) 2023 yang diselenggarakan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Pringsewu dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di komplek gedung PCNU Pringsewu, Pekon Gumukrejo, Kecamatan Pagelaran, Jumat (13/10/2023), konsep materi pembelajaran ini termuat dalam tema yang di usung yaitu ‘Santri Ksatria Nusantara yang Berkarakter dan Tangguh’.

Pemkab Pringsewu, kata Sekda, pada kegiatan yang dihadiri jajaran pemerintah daerah dan forkopimda, kwarcab serta pengurus cabang NU, IPNU dan IPPNU Pringsewu, sangat mendukung kegiatan ini, apalagi dengan kemajuan jaman yang semakin canggih yang membuat kekhawatiran terhadap moral dan kepribadian anak-anak.

“Kemah Santri Nusantara ini merupakan bentuk kontribusi pemuda dan masyarakat melalui IPNU dan IPPNU kepada Pemkab Pringsewu dalam rangka membentuk karakter para pelajar dan para santri di Bumi Jejama Secancanan agar memiliki karakter yang beriman, bertaqwa, berahklak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa serta memiliki kecakapan sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun NKRI, khususnya mendukung pembangunan di Kabupaten Pringsewu,” katanya.

Melalui Kemah Santri Nusantara yang dilaksanakan selama 3 hari, ia berharap dapat meningkatkan keterampilan intelektual, keterampilan emosional, keterampilan sosial dan ketrampilan fisik peserta. Dengan demikian sangat penting untuk dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan dalam diri peserta. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini