Lalai Matikan Api Sisa Masak, Dapur Rumah Seorang Warga di Tanggamus Terbakar

0
158

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM – Kebakaran rumah terjadi di Pekon Sudimoro, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus.

Rumah yang terbakar milik Muhar (45) di RT 06, pekon setempat, Senin (2/10/ 2023) sekira pukul 11.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya menghanguskan dapur rumah sehingga korban mengalami kerugian senilai Rp 5 juta.

Kapolsek Semaka Polres Tanggamus, Iptu Lusiyanto mengatakan, kronologis kejadian bermula pukul 10.00 WIB, korban merebus air menggunakan tungku yang terbuat dari bata dan menggunakan kayu bakar.

Kemudian, setelah selesai memasak air, pemilik rumah mematikan api dengan menyiram kayu bakar tersebut dengan air dan, kayu bakar sisa diletakkan terlalu dekat dengan dinding papan dapur.

Setelah itu, pemilik rumah tidur namun sekira pukul 11.00 WIB, terbangun karena mendengar suara kebakaran dan ia bergegas ke bagian belakang rumah.

Ia berusaha memadamkan api dengan air sambil berteriak meminta pertolongan. Warga yang mendengar kejadian itu segera datang dan membantu memadamkan api.

“Tidak lama kemudian, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi dan memadamkan api setelah 30 menit,” kata Iptu Lusiyanto mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra.

Kapolsek mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah dengan menerima laporan kejadian, mendatangi dan melakukan pengecekan di tempat kejadian, mengumpulkan keterangan dari korban dan saksi-saksi juga mendokumentasikan TKP.

Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan, kebakaran ini terjadi akibat kelalaian pemilik rumah yang tidak memastikan dengan benar api dari kayu bakar yang digunakan telah benar-benar padam.

“Kayu bakar sisa diletakan berdekatan dengan dinding dapur yang terbuat dari kayu papan, kayu tersebut belum padam sepenuhnya sehingga menyebabkan munculnya api yang kemudian membakar sebagian atap dan dinding dapur,” ujarnya.

Untuk mencegah kejadian serupa, kapolsek mengimbau warga selalu memperhatikan kondisi setelah memasak, khususnya yang menggunakan kayu bakar.

“Mari bersama-sama memperhatikan apabila ada sisa kayu bakar setelah memasak, pastikan benar-benar padam dengan menyiram air serta jauhkan dari bahan yang mudah terbakar,” katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini