Bupati Tanggamus Hadiri Serah Terima Bendera Kirab Pemilu 2024

0
202

TANGGAMUS, Wartaalam.com – Bupati Tanggamus Dewi Handajani menghadiri serah terima bendera kirab pemilu 2024, di Gedung Ratu Way Lalaan, Pekon Kampung Baru, Kecamatan Kotaagung Timur, Rabu (20/9/2023).

“Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada KPU Provinsi Lampung dan KPU Kabupaten Tanggamus atas terselenggaranya Kirab Pemilu 2024 ini. Semoga segala rangkaian kegiatan berlangsung lancar, tertib dan sukses mencapai tujuan,” katanya.

Kirab pemilu merupakan tahapan yang penting sebagai wahana sosialisasi, agar masyarakat mengetahui tahapan pemilu sudah berjalan, ujarnya.

Aspek penting Kirab Pemilu 2024, sosialisasi 18 partai politik yang mengikuti kepada masyarakat di Kabupaten Tanggamus.

Kirab Pemilu juga akan memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai proses tata cara teknis penyelenggaraan pemilu tahun 2024 mendatang. Serta sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemilu, baik itu kualitas maupun kuantitas, kata dia.

“Bagi kami di pemerintahan daerah, berharap ini sebagai bentuk penyegaran semangat dalam upaya mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang bersih, sehat, dan kondusif,” katanya.

Pada 2024, tahun pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan pemilihan presiden.

“Kita memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD kabupaten/kota dan memilih presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.
sesuai peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024, disebutkan tahapan Pemilu 2024 telah dimulai sejak 14 Juni 2022, masa kampanye direncanakan berlangsung pada 13 November 2023 hingga 10 Februari 2024 atau selama 75 hari. Adapun hari pemungutan suara ditetapkan 14 Februari 2024,” ujarnya.

Indikator kesuksesan pemilu, kata dia, tingginya tingkat partisipasi masyarakat sebagai pemilih, yang akan menjadi legitimasi bagi pemimpin dan wakil rakyat terpilih.

Selain itu, pendidikan politik melalui sosialiasi secara massif kepada masyarakat sangatlah penting, sehingga masyarakat akan lebih memahami peraturan pelaksanaan, dan memilih pemimpin dan wakil rakyat yang berkualitas.

Kesuksesan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Tanggamus, bukan hanya tugas KPUD dan Bawaslu. Sebagai penyelenggara pemilihan dan para pimpinan partai politik tapi diperlukan peran serta dan dukungan semua pihak, katanya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini