DPD Perhiptani Pringsewu 2023-2028 Dikukuhkan

0
312

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Kabupaten Pringsewu 2023-2028 dikukuhkan Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Provinsi Lampung Sutono.

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah yang turut menghadiri pengukuhan tersebut mengatakan, target utama pembangunan pertanian saat adalah percepatan pencapaian swasembada dan peningkatan produksi komoditas strategis nasional, meliputi 11 komoditas strategis nasional, padi, jagung, kedelai, aneka cabai, bawang merah, tebu, sapi, kerbau, sawit, karet, kakao dan kopi.

“Upaya peningkatan produksi dan produktifitas pada usaha tani di masyarakat dilaksanakan dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani, tentunya juga menuntut perhatian, komitmen dan inovasi teknologi, manajemen dan SDM yang berkompeten dan profesional,” katanya.

Adi Erlansyah jberharap Perhiptani Pringsewu mampu berkolaborasi dengan seluruh stakeholder pertanian dan mampu merangkul, membina, mendorong serta mendampingi para petani di lapangan dalam bentuk penyuluhan sehingga para petani dapat terus mengembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam bercocok tanam.

Sedangkan Sutono mengatakan, Pringsewu memiliki potensi bidang pertanian yang cukup besar. Para penyuluh pertanian agar terus meningkatkan kapasitas, sebab penyuluh pertanian memiliki kontribusi besar dalam memajukan pertanian.

“Gapoktan di Kabupaten Pringsewu cukup banyak, tetapi levelnya 76% masih pemula. Padahal, kami membutuhkan lebih banyak level madya,” ujarnya, pada acara yang juga dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Masykur Kadis Pertanian Kabupaten Pringsewu Siti Litawati, Kadis PUPR Imam Santiko Raharjo, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Iskandar Muda serta jajaran pengurus DPD Perhiptani Kabupaten Pringsewu, Tanggamus dan Pesawaran.

Menurut Sutono, jaman terus berubah, begitupun teknologi dan cara bercocok tanam yang juga terus berubah.

Ia mencontohkan dahulu menanam kentang itu hanya di tanah. Namun, sekarang ternyata bisa juga di air yang disebut hidroponik.

Sementara itu, Ketua DPD Perhiptani Kabupaten Pringsewu Sri Ermalia menyatakan pihaknya siap melaksanakan tugas dalam rangka membina dan mendampingi para petani agar lebih baik dan sejahtera.

Selain Sri Ermalia sebagai
ketua DPD Perhiptani Pringsewu 2023-2028, pengurus lainnya yang dikukuhkan di antaranya Wakil Ketua Djoko Prabowo, Sekretaris Gugun Aditia Pratama, Wakil Sekretaris Winda Giofanny,
Bendahara Yuli Mulia, dan Wakil Bendahara Sri Eni Romdini, serta bidang-bidang.  (Pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini