Dinas PMP Pringsewu Gelar Sosialisasi Kerjasama Antardesa

0
227

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Guna mendukung kebangkitan perekonomian desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (PMP) Kabupaten Pringsewu, Lampung menggelar sosialisasi Kerjasama Antardesa, di Pekon Tambahrejo Barat, Senin (28/8/2023).

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesrak setempat Purhadi mengatakan, untuk menompang dan meningkatkan perekonomian di desa serta kemandirian sebagai entitas yang berdaulat dan berdaya saing, para kepala desa harus mampu menggali potensi-potensi desanya dalam rangka mensejahterakan warga.

“Kepala pekon (desa) harus mempunyai terobosan dalam menggali potensi yang ada di setiap pekon. Ini suatu tantangan pembangunan desa saat ini dalam mewujudkan kesejahteraan rakyatnya,” kata dia.

Menurut dia, dalam mewujudkan pembangunan desa yang berkelanjutan, desa membutuhkan kerjasama dalam berbagai bidang pembangunan desa yang menjadi kewenangan desa, baik kerjasama antardesa maupun kerjasama dengan pihak ketiga.

Kerjasama desa dimaksudkan kepentingan desa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan bersama dan mencegah ketimpangan antardesa, dengan berorientasi pada kepentingan dan aspirasi yang tumbuh dalam masyarakat.

“Sebagai desa yang berdaulat, dengan kewenangan dan potensi wilayah, seharusnya warga desa mampu merencanakan dan melaksanakan pembangunan untuk mencapai kesejahteraan dengan memanfaatkan badan usaha milik desa BUMdes,” ujarnya.

Dengan adanya sosialisasi, kata dia, diharapkan para kepala pekon l menumbuhkan keterpaduan pembangunan partisipasi yang berkesinambungan dengan menjalin kerjasama antardesa lintas kabupaten untuk memenuhi kebutuhan bersama. Sehingga desa yang mempunyai potensi sumber daya alam dan produk unggulan lain bisa memberikan kontribusi bagi pendapatan asli desa, yang pada akhirnya mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Dengan begitu menjadikan desa mempunyai daya tarik sehingga mendorong mengalirnya investasi luar serta bertujuan mengoptimalkan sumber daya desa yang tersedia untuk dikelola guna kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kadis PMP Pringsewu Iskandar Muda, Kabid Pemberdayaan Pekon Kasmini, Tenaga Ahli dari Provinsi Ibnu Walidin, para camat dan kepala pekon terdiri dari lima kecamatan, Gadingrejo, Ambarawa, Pardasuka, Banyumas dan Pagelaran Utara. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini