Puskesmas Tanjung Bintang Lakukan Deteksi Dini dan Edukasi Masyarakat Bahaya IMS

0
362

Tanjung Bintang, Lampung Selatan, WARTAALAM.COM – Sebanyak 20 orang mendapatkan pemeriksaan gratis dari Team Kesehatan Puskesmas Tanjung Bintang.

Untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang Infeksi Menular Seksual (IMS), UPT Puskesmas Tanjung Bintang mengadakan sosialisasi ke sejumlah kalangan masyarakat di lingkungan wilayah kecamatan tepatnya di Desa Jati lndah, Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan , Kamis (20/07/2023).

Kegiatan itu di laksanakan oleh team Puskesmas dengan menerjunkan 5 orang tenaga kesehatan , dibantu oleh tuan rumah tempat acara dilakukan.

Dalam pemaparan materi, Kapuskesmas yang diwakili oleh Dwi Apriliani S.Keb dan Kurniawan S.K.M bersama tim mengatakan, “bahwa Penyakit Menular Seksual merupakan infeksi yang umumnya ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman atau dengan berganti ganti pasangan. Penyebarannya bisa melalui darah atau cairan dari dalam tubuh atau bisa melalui pemakaian jarum suntik secara berulang atau bergantian di antara beberapa orang.


Masih menurut Wawan kegiatan ini rutin dilaksanakan 2 kali dalam setahun guna mendeteksi sejak dini.

“Penyakit IMS menjadi salah satu masalah global dan menjadi pintu masuk adanya kasus HIV AIDS. Untuk itu melalui sosialisasi ini mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan mencegah kasus IMS, salah satu cara dengan segera periksakan diri ke rumah sakit jika ditemukan gejala IMS baik secara pribadi dan juga pasangan,” katanya.

Selain itu ia juga mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama memberikan penyuluhan dan edukasi kesehatan tentang bahaya IMS kepada masyarakat sebagai bentuk sinergitas dalam melakukan pencegahan dan pengendalian infeksi menular seksual.

“Karena IMS merupakan penyakit menular dan sangat berbahaya bahkan bisa merenggut nyawa penderitanya. Maka perlu adanya upaya bersama untuk meningkatkan pemahaman masyarakat agar masyarakat sadar betapa bahayanya penyakit ini dan marilah kita tangani secara bersama sama,” ajaknya.

“Dan agar orang tua lebih mengawasi anak-anaknya agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas dan Narkoba,” katanya.

Harapanya kita bisa kerjasama dengan masyarakat bila ada yang mengidap penyakit atau bergejala segera hubungi atau datang langsung ke Puskesmas kami siap melayani masyarakat 24 jam, katanya. (Timmy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini