Bupati Lampung Selatan Apresiasi Penengahan Fair 2023

0
487

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto membuka Penengahan Fair 2023, Kamis (20/7/2023).

Kegiatan yang mengusung tema “UMKM Berevolusi (Berkreasi, Berinovasi dan Bertransformasi)” dipusatkan di Lapangan Sepakbola, Desa Klaten.

Beragam pertunjukan seni, adat dan budaya, seperti tarian tradisional, musik lokal, dan parade adat dan budaya mewarnai kegiatan itu.



Hadir dalam acara itu, anggota DPRD dari Dapil Lampung Selatan 3, ketua Tim Penggerak PKK, sekretaris daerah beserta para pejabat utama di lingkungan pemerintah kabupaten setempat, camat beserta Forkopicam Penengahan.

Para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pimpinan BUMN-BUMD, para pelaku UMKM, serta para kepala desa di kecamatan tersebut.

Nanang Ermanto mengapresiasi kegiatan yang kental dengan keberagaman adat dan budaya itu.

Menurut dia, Kecamatan Penengahan merupakan daerah memiliki kebhinekaan dan peninggalan sejarah yang tidak dimiliki daerah lainnya.

“Bentuk kebersamaan dan gotong royong itulah yang akan meningkatkan kekuatan kita untuk membangun suatu desa. Itu (persatuan dan kesatuan) modal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tanpa itu, negara ini tidak akan terbentuk,” katanya.

Penengahan Fair diharapkan menjadi ajang promosi produk unggulan dari seluruh pelaku UMKM dan IKM.

Dia berharap, UMKM yang ada terus bergerak, agar terjadi perputaran ekonomi, sehingga dapat membantu menyejahterakan masyarakat.

“Mudah-mudahan setelah dikukuhkannya pengurus, UMKM di Kecamatan Penengahan terus bergerak. Apa yang ada di desa-desa terus digali. Itu tugas dari pengukuhan pengurus,” katanya.

Sementara, Camat Penengahan Jaylani mengatakan, Penengahan Fair 2023 merupakan pesta rakyat yang masuk dalam kalender of event Lampung Selatan.

Menurut dia, Penengahan Fair 2023 bertujuan menggerakkan dan menggairahkan kembali pelaku UMKM dan IKM sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

“Kegiatan ini juga bertujuan mengenalkan potensi sekaligus sebagai ajang promosi kearifan lokal dan sebagai ajang silaturahmi bertukar informasi para pelaku UMKM,” kata camat muda alumni Purna Praja STPDN/IPDN angkatan XVII.

Dia mengajak, seluruh elemen masyarakat menjaga silaturahmi dan harmonisasi sehingga tercipta suatu komitmen bersama di tengah keberagaman.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Penengahan Fair 2023, Sumali mengatakan, kegiata akan berlangsung 20-24 Juli 2023. (amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini