Ribuan Orang Ikut Bersihkan Pantai Sukaraja Bandarlampung

0
698

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Seribuan orang dari berbagai elemen ikut andil membersihkan Pantai Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras, Bandarlampung dari tumpukan sampah.

Pantauan, Senin (10/7/2023) pagi, bersih-bersih Pantai Sukaraja tersebut masih berlangsung hingga menjelang siang, dan masyarakat pun terus silih berganti datang dan pergi bergiliran membersihkan kawasan pantai di pesisir Bandarlampung yang selama ini dipenuhi sampah tersebut.

Warga berusia muda, tua, pekerja kantoran, pegawai dinas, TNI dan Polri, mahasiswa, organisasi masyarakat berbaur bersama warga sekitar bergotong royong membersihkan sampah yang menumpuk di sepanjang Pantai Sukaraja itu.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih pantai yang digagas oleh salah satu pemerhati lingkungan ini,” kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana, di Bandarlampung, Senin (10/7/2023).

Ia mengatakan, sebenarnya kegiatan bersih-bersih pantai di pesisir Bandarlampung sudah sering dilakukan dengan menggalakkan program gerebek sampah di sungai dan pantai bekerjasama dengan TNI.

“Tapi, memang sampah di pantai ini adalah kiriman dari daerah lain. Jadi dalam hari dan bulan tertentu sampah-sampah akan lari ke pesisir di sini,” kata dia.

Dia mengapresiasi warga yang antusia membantu membersihkan sampah yang menumpuk di pesisir Pantai Sukaraja ini karena hal ini memang sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga kebersihan pantai.

“Ini adalah bentuk kebersamaan kami karena sudah menjadi tanggung jawab bersama. Saya pun berharap Pemerintah Provinsi Lampung bersama memikirkan permasalahan sampah di pesisir pantai kota ini,” katanya.

Seorang warga Bandarlampung Toto mengatakan, kegiatan positif seperti itu harus sering dilakukan agar kebersihan pantai terjaga.

“Tentunya kegiatan seperti tidak boleh berhenti di sini, serta kita juga harus sadar untuk tidak membuang limbah ke pantai atau sungai karena berdampak pada ekosistem sekitar,” katanya.

Sebelumnya, viral di media sosial Tiktokers Pandawara menyoroti pantai yang berada di Kota Bandarlampung tepatnya di Jalan Ikan Selar, Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras itu.

Rencananya pembersihan sampah pantai yang disebut sebagai terkotor nomor dua di Indonesia oleh Pandawaragroup itu, akan dilakukan pada Senin (10/7) pukul 07:00 WIB dan mengajak masyarakat setempat untuk berpartisipasi.

Ajakan itu terbukti efektif menggalang dukungan dan kepedulian berbagai pihak, termasuk kalangan pejabat, pihak kepolisian, TNI/Polri, warga masyarakat dan berbagai kalangan yang datang berbondong-bondong membaur ikut membersihkan sampah di Pantai Sukaraja. (***)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini