Musrenbang RKPD 2024 Kecamatan Sukoharjo Fokuskan 6 Prioritas

0
441

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Berdasarkan konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024, Pemkab Pringsewu menetapkan enam prioritas pembangunan di Kecamatan Sukoharjo, Kamis (16/2/2023)..

Prioritas itu meliputi Peningkatan Ketahanan Perekonomian Daerah, Peningkatan Kualitas Pembangunan Manusia, Menurunkan Kemiskinan Ekstrim dan Stunting, Peningkatan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan, Peningkatan Kualitas Infrastruktur dan Lingkungan Hidup, serta Meningkatkan Ketertiban, Kenyamanan dan Mitigasi Bencana.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesra SetdaKab Pringsewu, Purhadi Saat menyampaikan sambutan tertulis Penjabat Bupati Adi Erlasyah, di Musrenbang Kecamatan Sukoharjo di Aula GSG kecamatan setempat, Musrenbang bertujuan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap usulan rencana kegiatan pembangunan pekon yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah kecamatan..

Menurutnya, masing-masing prioritas pembangunan tersebut telah dijabarkan ke dalam sasaran pembangunan. Dalam melaksanakan penajaman dan penyelarasan terhadap rencana kegiatan prioritas tingkat kecamatan, juga harus mengacu pada prioritas dan sasaran rencana pembangunan di tingkat kabupaten.

Apabila tidak selaras dengan prioritas pembangunan kabupaten, maka daftar usulannya tidak bisa diakomodasi melalui Aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah atau SIPD, katanya.

Sementara itu, Camat Sukoharjo, Yuli Saptikawati mengatakan, Musrenbang Kecamatan merupakan rangkaian musyawarah. diawali dengan musyawarah pembangunan mulai dari tingkat dusun dan kemudian tingkat pekon serta tingkat kecamatan.

Menurutnya, keberhasilan suatu program pembangunan diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat, dan terukur.

“Kami melaksanakan musrenbang dalam penyusunan perencanaan pembangunan pada tahun 2024 atau lebih dikenal dengan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD tahun 2024.
melalui kegiatan musrenbang hari ini, mari bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan yang kita hadapi. Musrenbang merupakan kegiatan rutin tahunan dalam menyusun perencanaan pembangunan melalui aspirasi masyarakat menentukan prioritas yang menjadi permasalahan di kecamatan dengan kegiatan prioritas pembangunan,” katanya. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini