Miniatur Perahu Produksi Desa Way Muli Timur Turut Dijajakan di Rajabasa Fair 2022

0
511

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Berbagai hasil produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari tiap desa termasuk miniatur perahu mewarnai Rajabasa Fair 2022, Kamis (15/12/2022).

Kegiatan tersebut sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, di Lapangan Merpati Desa Way Muli.

Bupati setempat Nanang Ermanto membuka kegiatan yang dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Winarni Nanang Ermanto beserta jajaran perangkat daerah lainnya.

Camat Rajabasa, Sabtudin mengukuhkan Komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat.

Pengrajin miniatur perahu dari Desa Way Muli Timur, Solihin mengatakan, pembuatan miniatur perahu merupakan ide para nelayan desa itu dan terbuat dari pohon kirai yang ada di muara.

“Kesehariannya yang sebagian besar sebagai nelayan dan tercetuslah kreativitas mereka untuk membuat miniatur perahu ini yang memiliki ciri khas perahu Desa Way Muli Timur” ujarnya.

Menurut Solihin, miniatur perahu sudah terjual di beberapa daerah bahkan ada yang dari luar daerah, dijual 1 miniatur perahu sekitar Rp150 ribu tergantung bentuk, ukuran dan tingkat kesulitannya.

“Miniatur perahu juga bisa diletakkan di air, tidak tembus air, jadi ini awet, apalagi untuk dipajang. Untuk saat ini kami menjualnya lewat media sosial Facebook, dan Alhamdulillah tidak hanya dari Lampung saja yang berminat tapi ada juga dari luar daerah,” katanya.

“Saya berharap, semoga produk UMKM dari desa kami dikenal lebih luas lagi, baik dalam daerah maupun luar daerah, sehingga kami bisa membantu perekonomian nelayan,” katanya.

Sementara itu, usai meresmikan Rajabasa Fair 2022, Nanang Ermanto mengunjungi stand-stand UMKM yang ada di kegiatan tersebut. (hen/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini