Disdukcapil Lampung: 6.000 ASN Telah Punya Identitas Digital

0
172
Ilustrasi- Penggunaan identitas digital seorang warga Kota Bandarlampung. (ant)

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Lampung mengatakan sekira 6.000 aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu telah memiliki identitas digital.

Identitas digital merupakan bentuk transformasi dari KTP konvensional ke digital, ujar Kepala Disdukcapil Provinsi Lampung Achmad Sefulloh di Bandarlampung, kemarin.

Ia mengatakan, dalam tahap uji coba yang akan migrasi ke identitas digital dimulai dari ASN di Pemerintah Provinsi Lampung.

“Saat ini uji coba akan dilakukan kepada ASN di Pemerintah Provinsi Lampung 15 ribu orang, dan yang mendaftar baru sekitar 6.000 orang atau 40 persen, katanya.

Menurut dia, ditargetkan pada akhir November 2022 seluruh ASN di lingkungan tersebut memiliki identitas digital.

Dalam tahap awal menyasar ASN, akademisi, sedangkan untuk masyarakat akan dilakukan setelah diluncurkan secara langsung menteri Dalam Negeri, ujarnya.

Menurut dia, melalui penggunaan identitas digital tersebut diharapkan mempermudah masyarakat dalam setiap kepengurusan administratif.

“Penggunaan akan lebih mudah terutama saat kita melakukan kegiatan yang perlu menunjukkan kartu identitas tidak perlu membutuhkan waktu yang lama karena tinggal membuka gawai dan menunjukkannya kepada petugas,” kata dia.(ant)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini