Hari Kedua Roadshow di Lamsel, KPK Edukasi Satuan Pendidikan

0
1168

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pelaksanaan hari kedua Roadshow Bus KPK “Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi” di Kabupaten Lampung Selatan ( Lamsel) diisi berbagai kegiatan, kampanye dan edukasi anti korupsi yang menyasar satuan pendidikan.

Berlangsung di aula Rajabasa Kantor Bupati setempat, edukasi tersebut diikuti perwakilan kepala sekolah, perwakilan guru dan operator sekolah dari tingkat SD, SMP/MTS dan SMA/SMK, Rabu (28/9/2022).

Dengan materi pemahaman tentang korupsi dan anti korupsi pada sektor pendidikan, serta strategi pendidikan anti korupsi pada jenjang pendidikan dini, Dasar dan menengah, sosialisasi itu menghadirkan narasumber dari Direktorat Jejaring Pendidikan KPK RI, Indira Zachriyan dan Masagung Dewanto.

Tujuan sosialisasi pencegahan korupsi itu di antaranya, membumikan isu-isu pemberantasan antikorupsi di masyarakat, mempererat keterlibatan masyarakat dalam program-program KPK dan lain sebagainya.

Pelaksanaan program penjelajahan negeri bangun anti korupsi KPK tahun 2022 itu, diinisiasi tim KPK merupakan upaya pencegahan korupsi mengajak keterlibatan publik secara bersama-sama dalam menyebarkan program pencegahan korupsi.

Pada kesempatan itu, Masagung Dewanto sebagai narasumber mengatakan, pendidikan anti korupsi menyasar satuan pendidikan agar dapat meningkatkan tata kelola dan menjadi lembaga yang akuntabel.

Perlu disusun dan dikembangkan modul-modul untuk siswa agar menjadikan sekolah sebagai tempat menumbuhkan karakter integritas, ucapnya.

Lebih jauh pendidikan anti korupsi dikenalkan kepada peserta didik sedini mungkin untuk membentuk karakter integritas yang kokoh, ujarnya.

Dia mengungkapkan, keberhasilan penanaman nilai-nilai anti korupsi dipengaruhi cara penyampaian dan pendekatan pembelajaran yang dipergunakan. Namun, agar tidak menambah beban siswa yang sudah cukup berat, perlu dipikirkan secara matang bagaimana model dan pendekatan yang akan dipilih.

Bagi dunia pendidikan, upaya itu dapat dilakukan mulai dari pendidikan karakter sejak dini, baik di lingkungan keluarga, Pendidikan Anak Usia Dini formal dan non formal, pada Satuan Pendidikan Dasar, bahkan sampai jenjang pendidikan selanjutnya, katanya.

Pendidikan anti korupsi menjadi sangat penting, selain dibangku sekolah, anak-anak juga perlu diajarkan sikap-sikap yang membangkitkan gambaran mereka tentang perilaku yang menjauhkan mereka dari korupsi. Yaitu mendidik mereka dengan baik dirumah tentang nilai-nilai yang berlawanan dengan mentalitas korupsi.

Diketahui, Roadshow Bus KPK hadir di Kabupaten Lampung Selatan dan menjadi lokasi ke-6 dari 9 kabupaten/kota di Sumatera Selatan, Lampung dan Banten.

Usai berkunjung di Lampung Selatan, Roadshow Bus KPK akan dilanjutkan ke Provinsi Banten tepatnya Kota Serang, Cilegon dan Tangerang Selatan. (hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini