Tapis Kapal Harumkan Kabupaten Lampung Selatan di Kancah Nasional

0
1163

JAKARTA, WARTAALAM.COM – Produk kerajinan Tapis Kapal hasil Industri Kecil Menengah (IKM) Lampung Selatan, mendapat penghargaan dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) pada Pameran Kerajinan Nusantara (Kriya Nusa) yang berlangsung di Hall A Jakarta Convention Center (JCC) mulai 21-25 September 2022.

Adapun, Pameran Kriya Nusa yang bertujuan melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan keragaman produk kerajinan produk nasional semakin berkualitas dan berdaya saing tersebut, dibuka Iriana Joko Widodo didampingi Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin.

Penghargaan itu membuktikan kerajinan tangan binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lampung Selatan bersaing di kancah nasional.

Penyerahan penghargaan dilaksanakan pada penutupan Pameran Kriya Nusa dan diterima Ketua Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan yang diwakili pengurus Dekranasda, Ermayani.

Kerajinan tapis kapal milik Kabupaten Lampung Selatan menjadi produk unggulan berpotensi yang mampu bersaing dengan kerajinan tangan lainnya, yang mengikuti Pameran Kriya Nusa.

Produk kerajinan tersebut menjadi sangat menonjol dengan motif tapis yang unik namun tetap menunjukkan sisi etnik yang begitu estetik.

Untuk diketahui, Dekranasda Kabupaten Lampung Selatan juga ambil bagian pada event ini dengan ikut memamerkan dan mempromosikan beberapa produk unggulan seperti kain tapis, kain inuh, batik ecopranting, serta produk UMKM khas Lampung Selatan lainnya.

Ermayani, pengurus Dekranasda Lampung Selatan menyampaikan, syukur dan bangga atas prestasi yang diraih IKM pada Pameran Kriya Nusa.

Dia berharap, produk tapis kapal tersebut dapat terus bersaing dan dikenal masyarakat luas.

“Sebagai pengurus Dekranasd bangga dengan hasil IKM yang ada di Lampung Selatan, produk-produk kami tak kalah kualitasnya dengan daerah-daerah lain,” katanya.

Ermayani juga mengatakan, Dekranasda akan terus mendukung dan memfasilitasi para perajin lokal, terutama para IKM dan UMKM daerah, agar bisa memperkenalkan produk unggulannya pada tingkat nasional maupun internasional.

Dekranasda Lampung Selatan akan terus memberikan dukungan dengan mensupport para IKM. Kemudian, turut mempromosikan produk-produknya melalui pameran tingkat nasional maupun internasional, ujarnya. (hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini