Pemkab Lamsel Lakukan Berbagai Antisipasi Inflasi

0
298

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) melakukan berbagai langkah antisipatif pengendalian lonjakan inflasi.

Langkah antisipatif tersebut antara lain membentuk dan mengoptimalkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), memonitoring pemerataan distribusi sejumlah komoditas, mitigasi dampak inflasi daerah hingga tingkat desa, serta menggencarkan gerakan tanam pangan cepat panen.

Hal itu sesuai arahan pemerintah pusat terkait pengendalian inflasi menjadi agenda prioritas kepala daerah. Maka, dibutuhkan dukungan dan langkah-langkah strategis dari dunia stakeholder baik di tingkat pusat hingga daerah.

Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengatakan, inflasi bisa menjadi ancaman kesejahteraan masyarakat Indonesia termasuk di Lampung Selatan.

Utamanya pada sektor pangan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Untuk menjaga ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat, dan mendukung kelancaran distribusi serta stabilitas perekonomian di daerah maka menjadi peran dan tugas dari tim pengendalian inflasi daerah ini, kata Nanang usai mengikuti arahan presiden, secara virtual Senin, (12/9/2022).

Menurut dia, dengan memperkuat sinergi. pemerintah pusat dan daerah, menjadi kunci l mengendalikan inflasi pangan maupun energi seperti saat penanganan pandemi Covid 19.

“Upaya yang sudah kami gencarkan, sesuai arahan pemerintah pusat yaitu gerakan tanam pangan cepat panen di sejumlah lokasi tanah milik pemda bahkan mitigasi ketahanan pangan hingga tingkat desa dan rumah tangga dengan cara memanfaatkan pekarangan rumahnya,” ujar dia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Erdiyansyah mengatakan, dalam mendorong desa bisa berkontribusi mengendalikan inflasi dengan adanya surat keputusan bupati Lampung Selatan tentang panduan pengendalian inflasi dan mitigasi dampak inflasi daerah hingga tingkat desa.

Panduan mencakup mengenai memonitor harga, mengoptimalkan dana desa untuk ketahanan pangan, gerakan tanam cepat menaman cabai dan bawang misalnya yang tertuang dalam panduan, Erdy melalui sambungan telpon. (hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini