Poltekkes Tanjungkarang Gelar Gertak Kakek di Lamsel

0
334

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM – Center of Exellence Bidang Manajemen Laktasi Prodi D III Jurusan Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang gelar Gerakan Tanam, Konsumsi Kacang, Kelor dan Katuk (GERTAK KAKEK) bagi ibu hamil dan ibu menyusui,
di Puskesmas Karanganyar, Jatiagung, Kamis (1/9/2022).

Acara tersebut juga dihadiri perwakilan Direktorat Jendral Tenaga Kesehatan, Perwakilan Global Affair Canada (GAC), kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Lampung Selatan, Direktur Poltekkes Tanjung Karang Warjidin Alianto SKM., M.Kes, Plt camat Jatiagung, ketua DWP Lampung Selatan, ketua IBI Lampung Selatan.

Ketua Panitia penyelenggara Dr. Sudarmi S.Tr., M.Kes menyampaikan, tujuan kegiatan tersebut untuk menggerakkan pemberian Asi Ekslusif dikarenakan persentase pemberian ASI Eksklusif di Karanganyar masih di bawah nasional.

Dengan adanya kegiatan itu diharapkan mampu meningkatkan persentase pemberian ASI Ekskluaif tersebut dengan target di atas nasional, ujarnya.

Sudarmi mengatakan, Poltekkes Tanjungkarang memiliki komitmen melakukan pengabdian masyarakat untuk membantu warga sadar akan pemberian asi agar bayi terhindar stunting.

Direktur Poltekkes Tanjungkarang Warjidin mengatakan, kegiatan itu sebagai upaya menanggulangi stunting dengan memberikan gizi yang baik untuk ibu hamil dan menyusui.

Dia mengatakan, di jurusan Kebidanan di Poltekkes Tanjungkarang mempunyai klinik Laktasi yang diperuntukan ibu menyusui.

Perwakilan Direktorat Jendral Tenaga Kesehatan juga menyampaikan angka kematian ibu di Indonesia cukup tinggi, 305/100 ribu setiap kelahiran.

“Kami sedang berupaya mengejar angka 70/100 ribu setiap kelahiran,” katanya.

Menurutnya, dunia kebidanan berperan penting dalam memberikan edukasi dan asuhan kepada ibu hamil untuk menekan angka kematian ibu.

Pada kesempatan itu, Duta Swasembada Gizi Lamsel Winarni berterimakasih kepada Poltekes Tanjungkarang yang telah membantu menggerakkan para ibu memberikan asi. (hen/amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini