Lampung Selatan Kaya Potensi Wisata

0
190

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – merupakan kabupaten yang berada Provinsi Lampung, terletak antara 105° 14’ sampai 105° 45’ Bujur Timur dan 5° 15’ sampai dengan 6° Lintang Selatan.

Kabupaten Lampung Selatan berada di bagian selatan Provinsi Lampung dan menjadi pintu gerbang Pulau Sumatera.

Ibukota Kabupaten Lampung Selatan, Kalianda.

Sebagai pintu gerbang dari Pulau Sumatera, Lampung Selatan memiliki letak yang strategis, dengan luas wilayah 2.109,74 km² dan jumlah penduduk 1.064.301 jiwa.

Secara administratif kabupaten ini memiliki 17 kecamatan, 256 desa dan 4 kelurahan.

Sementara, Lampung Selatan mempunyai batas-batas sebagai berikut :
Sebelah Utara : Kabupaten Lampung Tengah dan Lampung Timur.
Sebelah Selatan : Selat Sunda.
Sebelah Barat : Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Pesawaran.
Sebelah Timur : Laut Jawa.

Seperti halnya daerah-daerah lain di Indonesia, Lampung Selatan juga termasuk daerah tropis. Selain itu, memiliki pulau-pulau yang indah, antara lain Pulau Krakatau, Pulau Sebesi, Pulau Sebuku, Pulau Legundi, Pulau Siuncal, Pulau Rimau dan, Pulau Kandang.

Bila ditinjau dari segi luas dan keadaan alamnya, maka Lampung Selatan optimistis mempunyai masa depan cerah untuk lebih berkembang pada sektor pariwisata.

Dengan posisi wilayah yang sangat strategis, sebagai pintu gerbang Pulau Sumatera, Lampung Selatan memiliki fasilitas penting yang menunjang pembangunan.

Di antaranya,  Jalan Tol Lintas Sumatera dengan tujuh akses pintu keluar dan masuk Tol, daerah hinter land Pulau Jawa dan Kota Bandar Lampung, Bandara Raden Intan 2, area pendidikan Institut Teknologi Sumatera,

Kemudian, Lampung Selatan juga memiliki kawasan Gunung Anak Krakatau, Gunung Rajabasa, Pulau Sebuku dan Pulau Sebesi, serta Pulau Mengkudu dan pantai, yang kini telah menjadi daerah tujuan para wisatawan.

Selain berbagai destinasi wisata alam berupa pantai dan pegunungan, Lampung Selatan juga tengah mengembangkan desa eisata dan kebudayaan, serta agro wisata seluas 5 hektare di Samping GOR Way Handak.

Pengembangan Lampung Selatan sebagai daerah wisata juga didukung dengan adanya pembangunan Bakauheni Harbour City (BHC) yang terletak di Kecamatan Bakauheni. Pembangunan wisata terpadu merupakan proyek nasional berskala internasional.

Selain itu, Lampung Selatan juga telah ditetapkan sebagai daerah pengembangan industri, di Kecamatan Ketapang dan Katibung.

Banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Serambi Sumatera itu memiliki sejuta potensi wisata yang siap untuk dikunjungi, baik wisata bahari, wisata pengunungan, wisata kebudayaan maupun religi. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini