Pemprov Lampung Perbaiki 14 Ruas Jalan Prioritas

0
131

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mulai melakukan perbaikan di 14 ruas jalan prioritas guna mendukung peningkatan perekonomian.

Di sini ada 26 ruas jalan yang menjadi prioritas dan tahun ini ada 14 ruas yang tertangani dan sisanya menjadi tugas di tahun berikutnya, ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Lampung Febrizal Levi Sukmana, di Bandarlampung, Rabu (6/4/2022).

Ia mengatakan, perbaikan 14 ruas prioritas tersebut dilakukan meningkatkan roda perekonomian daerah.

Sekira 14 ruas jalan prioritas itu memang wilayah ruas yang langsung berkaitan dengan peningkatan perekonomian daerah, dan Mei akan ajukan pinjaman sekira Rp569 miliar pada PT Sarana Multi Infrastruktur, katanya.

Dia merincikan, ruas jalan yang hendak diperbaiki meliputi ruas Kota Gajah- Simpang Randu, Simpang Randu- Seputih Surabaya, Seputih Surabaya- Sadewa.

Selanjutnya, Bujung Tenuk- Penumangan- Tegal Mukti- Serupa Indah, Kotabumi- Ketapang- Simpang Sonyopo- Serupa Indah, Talang Padang- Ngarip- Ulusemong- Bungin- Tugu Sari Lampung Barat.

Total panjang 14 ruas jalan prioritas yang akan diperbaiki tersebut sekira 280 kilometer, ujarnya.

Menurutnya, menjelang mudik Lebaran perbaikan jalan tersebut tidak akan mengganggu arus lalulintas

Arus mudik banyak yang menggunakan jalur nasional, sehingga perbaikan jalan provinsi tidak ada masalah. Nanti juga ada perbaikan jembatan di jalur pariwisata seperti di Padangcermin, katanya.

Diketahui kondisi jalan yang dalam kewenangan provinsi dari total panjang 1.693,273 kilometer, ada 75,38 persen merupakan jalan mantap, dan 24,61 persen jalan tidak mantap.

Dan ada sepanjang 52,136 kilometer dalam kondisi baik, 23,251 kilometer dalam kondisi sedang, ada 9,7 kilometer kondisi rusak ringan, serta 14,8 kilometer kondisi rusak berat. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini