Ketua LKKS Lampung Resmikan LKS Pondok Lansia Gimbar Alam Pringsewu

0
95

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Lampung Riana Sari Arinal Djunaidi meresmikan LKS Pondok Lansia Gimbar Alam Pringsewu, Senin (21/3/2022).

Menurut istri gubernur Lampung itu, usia harapan hidup di Provinsi Lampung saat ini mencapai 65-70 tahun. Kondisi itu menyebabkan jumlah lansia semakin banyak, dari 9,2 juta penduduk Lampung, 880.000 orang (9,57%) di antaranya lansia.

Riana Sari mengatakan, berdasarkan data Kementerian Sosial RI jumlah lansia yang masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Provinsi Lampung tercatat 412.421 orang atau 50%.

Keberhasilan pembangunan bidang kesehatan dan kualitas hidup yang semakin baik, kata dia, membuat usia harapan hidup semakin tinggi.

Menurutnya, menjadi lansia kebahagiaan tersendiri, tetapi seiring dengan bertambahnya usia, banyak permasalahan yang harus dihadapi dan harus disikapi dengan baik, sehingga para lansia tidak menjadi lansia yang bermasalah sosial.

Dan itu menjadi tantangan untuk menjadikan lansia lebih smart yakni sehat, mandiri, aktif, produktif dan bermartabat, katanya.

Dia berharap berdirinya Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Pondok Lansia di Kabupaten Pringsewu akan membantu pemerintah memberikan pelayanan sosial kepada para lansia, di antaranya memberikan pendampingan dan edukasi kepada lansia maupun keluarga mengenai kesehatan, keagamaan, sosial, dan budaya juga keterampilan yang berguna bagi para lanjut usia.

Sementara itu, Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan, arah kebijakan pembangunan Kabupaten Pringsewu tahun 2022 di antaranya menaikan target Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Pringsewu saat ini berada di urutan ketiga di Provinsi Lampung setelah Bandar Lampung dan Metro.

IPM itu merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia serta sebagai ukuran kinerja pemerintah, ujarnya.

Sejalan dengan hal tersebut, menurut dia, sangat tepat LKS Pondok Lansia Gimbar Alam dibentuk karena mendukung peningkatan usia harapan hidup warga.

Peresmian Pondok Lansia Gimbar Alam yang tanah dan bangunan beserta fasilitasnya merupakan hibah tokoh masyarakat setempat H.Marconi Semendawai, di Komplek Perumahan Podomoro Indah, Podosari, Pringsewu ditandai dengan pengguntingan pita dan penyerahan bantuan serta taliasih juga piagam penghargaan dari BKKBN kepada TP-PKK Pringsewu, dihadiri Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, Ketua LKKS sekaligus LKS Pondok Lansia Gimbar Alam Pringsewu Nur Rohmah Sujadi, Sekda Pringsewu Heri Iswahyudi beserta Ketua DWP Pringsewu Sri Prihatin Heri Iswahyudi, Kadis Sosial Provinsi Lampung Aswarodi dan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri serta jajaran Pemkab Pringsewu. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini