Dinkes Lamsel Gelar Sosialisasi Aplikasi SIPGAR

0
141

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kemasyarakatan Lampung Selatan (Lamsel) Yespi Cory membuka Sosialisasi Aplikasi SIPGAR untuk pengukuran kebugaran jasmani ASN di lingkungan kabupaten setempat, Rabu (16/3/2022).

Bertempat di aula Krakatau kantor bupati setempat, sosialisasi yang digelar Seksi Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Lampung Selatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Yespi Cory mengatakan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mendukung sosiasialisasi itu sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Dengan Aplikasi SIPGAR memudahkan masyarakat mengukur tingkat kebugaran jasmani dengan menggunakan smartphone bisa di mana saja dan kapan saja, katanya.

Menurut dia, manfaat kebugaran jasmani meliputi tiga aspek, fisik, aspek psikologis, dan aspek sosio-ekonomis.

Manfaat kebugaran jasmani dari aspek fisik seperti (memperkuat otot jantung, meningkatkan daya tahan tubuh), aspek psikologis (meningkatkan percaya diri, sportivitas, tanggung jawab, pengendalian stress dan mengurangi kecemasan serta depresi) dan aspek sosio-ekonomis (menurunkan biaya pengobatan, meningkatkan produktivitas), katanya.

Yespy mengatakan, pentingnya menjaga kebugaran jasmani tiap individu dengan perilaku hidup sehat dan bersih.

Sehat belum tentu bugar, bugar sudah pasti sehat, kata dia.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Lampung Selatan Abdurahman mengatakan, secara pengertian SIPGAR, aplikasi untuk mengukur kebugaran jasmani daya tahan jantung dan paru dengan metode rockpot atau jalan/jogging sekitar jarak tempuh 1,6 km.

Aplikasi itu secara fungsi mencatat indeks masa tubuh (IMT), dan hasil pemeriksaan faktor resiko seperti tekanan darah, kadar gula darah dan kadar kolesterol, kata dia.

Dia mengatakan, Aplikasi SIPGAR dikembangkan pada 2020 oleh Kementerian Kesehatan Indonesia. Dan saat ini sedang digalakkan penggunaannya dengan sosialisasi di seluruh daerah di Indonesia.

Tujuan sosialisasi diharapkan peserta menerapkan penggunaan aplikasi kebugaran jasmani di setiap masing-masing satuan kerja.

Dengan bergerak tubuh manusia menjadi sehat dan menjadikan lebih produktif ketika menjalani aktivitas, ujarnya.

Masyarakat dapat menggunakan Aplikasi SIPGAR dengan mendownload di playstore smarphone masing-masing melalui pembuatan akun terlebih dahulu.

Kemudian, sistematika penggunaan Aplikasi SIPGAR meliputi pendaftaran, login, pengisian data pribadi, PARQ, pemilihan metode pengukuran, melakukan tes kebugaran, melihat hasil dan intervensi hasil kebugaran. (hen/rif/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini