Lamsel Gelar Rapat Kerja Tahun 2023

0
252

LAMPUNG SELATAN – WARTAALAM.COM – Sekertaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin membuka acara Konsultasi Publik Rencana Kerja Tahun 2023 yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (25/1/2022).

Acara tersebut juga diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting dengan menghadirkan narasumber Shanti Kartika Asri Lestari selaku koordinator Fungsi Neraca Wilayah dan Analisis Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Selatan.

Kabid Perencanaan Pengendalian Evaluasi Pembangunan Daerah Kab. Lampung Selatan Rudhy Iswandi dalam laporannya menyampaikan tujuan, adanya konsultasi publik menghimpun aspirasi masyarakat terhadap tujuan, sasaran program pembagunan daerah.

Selain itu tujuan diadakannya konsultasi publik, menyepakati tema dan prioritas serta isu-isu stategis pembangunan daerah tahun 2023, katanya.

Hasil yang diharapkan dengan adanya konsultasi publik adalah tersusunnya tema, prioritas dan isu-isu strategis serta masukan lainnya terkait pembangunan daerah tahun 2023 yang kemudian menjadi dasar dalam penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Lampung Selatan.

Menurut dia, hasil dari konsultasi publik merupakan bagian dari media pembentukan komitmen seluruh pemangku kepentingan dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan.

Merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam tahapan penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD), sebagai pedoman dalam penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2023, ujarnya.

Menurut Thamrin harus tetap fokus pada permasalahan yang dihadapi, antara lain dampak Covid-19, persoalan kemiskinan, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dan pembangunan infrastruktur untuk mendukung aksesibilitas wilayah dan perlunya penguatan kebijakan perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi dan komprehensif.

“Kita perlu mengedepankan kerjasama antarperangkat daerah dalam pelaksanaan pembangunan, agar mencapai hasil optimal,” katanya.

Thamrin menuturkan forum Konsultasi Publik merupakan momen penting sebagai sarana mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan rencana pelaksanaan pembangunan dalam menjawab permasalahan-permasalahan yang l dihadapi.

“Untuk itu saya berharap melalui forum ini, semua memberikan masukan, saran dan ide-ide inovasi guna penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2023,” tuturnya. (hen/rif/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini