23.1 C
Bandar Lampung
Minggu, Januari 29, 2023
spot_img
BerandaDaerahGubernur Lampung Minta Kabupaten Tingkatkan Produktivitas Pertanian

Gubernur Lampung Minta Kabupaten Tingkatkan Produktivitas Pertanian

 44 dilihat

BANDAR LAMPUNG  РWARTAALAM.COM РGubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta kabupaten dan kota di daerahnya untuk meningkatkan kembali produktivitas pertanian guna memenuhi target pertanaman padi di tahun 2022.

“Ada sejumlah daerah yang memang belum mengoptimalkan produksi pertanian jadi perlu ditingkatkan kembali agar kami bisa meningkatkan kembali produktivitas pertanian,” ujar Arinal Djunaidi, di Bandar Lampung, Selasa (25/1/2022).

Ia mengatakan, sejumlah daerah yang belum produktif dalam peningkatan produktivitas pertanian tersebut yakni di Kabupaten Tulang Bawang Barat, Waykanan, Mesuji, dan, Lampung Utara.

“Daerah yang tidak produktif dalam menghasilkan produk pertanian harus meningkatkan kembali produktivitasnya karena pertanian ini jadi sektor penopang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat dan tahun ini kami akan wujudkan empat kali tanam padi dalam setahun,” katanya.

Dia mengatakan, dengan jumlah persentase 70 persen penduduk yang berprofesi sebagai petani pembangunan sektor pertanian masih menjadi salah satu prioritas.

“Jumlah petani kita diperkirakan ada 3-4 juta orang, dan 70 persen dari total penduduk di Lampung bekerja di sektor pertanian. Kami berharap potensi sumber daya alam terutama di sektor pertanian bisa dimanfaatkan, dan pembangunan di sektor ini masih akan dikembangkan,” katanya.

Menurutnya, untuk mengembangkan sektor pertanian maka saluran irigasi dan embung yang telah tersedia di setiap kabupaten dapat kembali diaktifkan.

Embung, irigasi yang sudah ada harus dimanfaatkan untuk pertanian jadi tidak kekurangan air. Lalu koordinasi harus dilakukan dengan intens antarinstansi dan dinas agar petani tidak kesulitan dalam mengelola lahan pertanian, katanya.

Diketahui sebelumnya Pemerintah Provinsi Lampung telah siap melakukan peningkatan indeks pertanaman padi dari sebelumnya di bawah dua kali tanam, menjadi empat kali tanam padi dalam satu tahun. (amar)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Bupati Lamsel Resmikan UPT Puskesmas Sinar Rezeki

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang...

Ketua ORARI Kabupaten Pringsewu Kukuhkan Pengurus

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Kepengurusan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI)...

DPD PDI Perjuangan dan Repdem Lampung Gelar Penghijauan di Areal Bendungan Batu Tegi

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM - Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT).ke-50...

Roda Pemerintahan di Lamtim Ditengarai Tidak Sesuai Rel

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Roda Pemerintahan di Kabupaten Lampung...
spot_img
Semua Negara
674,643,530
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on January 28, 2023 5:29 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini