23.1 C
Bandar Lampung
Minggu, Januari 29, 2023
spot_img
BerandaDaerahTim Pembina Samsat Tandatangi Kerja Sama Program Pembayaran Pajak...

Tim Pembina Samsat Tandatangi Kerja Sama Program Pembayaran Pajak “E-Samdes”

 61 dilihat

LAMPUNG TENGAH – WARTAALAM.COM – Tim Pembina Samsat Provinsi Lampung melaksanakan penandatanganan kerja sama tahap II bersama 31 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), di Lampung Tengah Rabu (15/12/2021).

Penandatangan tersebut merupakan tindak lanjut setelah sebelumnya gubernur Lampung meresmikan peluncuran program inovasi pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor melalui 26 BUMDes menggunakan aplikasi Elektronik Samsat Desa (E-Samdes) dan L-Mart.

Hadir pada pelaksanaan penandatanganan kerja sama tahap II tersebut, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, Jasa Raharja Cabang Lampung, Bapenda Lampung, Ditlantas Polda Lampung, dan kadis PMDT Provinsi Lampung.

Dengan adanya kerja sama ini warga tidak lagi kesulitan dalam pembayaran pajak. Mereka cukup mendatangi BUMDes melakukan pembayaran melalui aplikasi E-Samdes dan L-Mart, kata Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, Rabu (15/12/2021).

Dia mengatakan dengan adanya E-Samdes di setiap kecamatan tersebut ke depan dapat memudahkan pelayanan terhadap masyarakat setempat.

“Tentunya ini akan dapat menjadi pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan aplikasi E-Samdes ini,” kata dia.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung, Adi Erlansyah mengatakan, program E-Samdes tersebut dalam rangka untuk membantu warga yang berada di desa. Peluncuran program E-Samdes baru berjalan tiga bulan.

“Kami menargetkan akhir Desember ini 100 BUMDesa namun antusias masyarakat membuat program E-Samdes ini menjadi 168,” katanya.

Pihaknya menargetkan pada tahun 2022 mendatang, di setiap kecamatan akan ada BUMDes pembayaran pajak melalui aplikasi E-Samdes dengan tujuan masyarakat dapat lebih mudah dan tidak jauh untuk melakukan pembayaran pajak.

“Saat ini kami masih fokuskan pembayaran melalui aplikasi L-Mart dari Bank Lampung. Ke depan kemungkinan kita akan kembangkan untuk pembayaran melalui aplikasi lainnya dan bank lainnya untuk lebih memudahkan masyarakat lagi,” ujarnya.

Kepala Bagian Operasional Jasaraharja Lampung, Panji Akbar Nur Banten mengatakan, program E-Samdes sendiri untuk meningkatkan kualitas pelayanan Jasa Raharja kepada masyarakat sehingga dapat lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.

Strategi Jasa Raharja di antaranya dengan adanya pembukaan pelayanan E-Samdes di setiap kecamatan yang ada di daerah-daerah, kata dia

Panji mengatakan dampak ke depan aplikasi E-Samdes sendiri dapat mengurangi biaya, waktu, dan tenaga bagi warga yang akan membayar pajak.

“Inilah yang mendorong kami untuk antusias kerja sama dengan BUMDes di setiap daerah dalam rangka membantu masyarakat melalui pendekatan untuk menikmati tehnokogi digital E-Samdes,” tuturnya. (adi)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Bupati Lamsel Resmikan UPT Puskesmas Sinar Rezeki

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang...

Ketua ORARI Kabupaten Pringsewu Kukuhkan Pengurus

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM - Kepengurusan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI)...

DPD PDI Perjuangan dan Repdem Lampung Gelar Penghijauan di Areal Bendungan Batu Tegi

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM - Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT).ke-50...

Roda Pemerintahan di Lamtim Ditengarai Tidak Sesuai Rel

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Roda Pemerintahan di Kabupaten Lampung...
spot_img
Semua Negara
674,643,530
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on January 28, 2023 5:29 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini