Gubernur Lampung Dorong Perbankan Bantu UMKM

0
94

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong perbankan membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.

Pelaku industri kerajinan berskala kecil dan UMKM adalah pelaku ekonomi yang penting baik bagi perekonomian Lampung maupun nasional, kata Arinal, Selasa (9/11/2021).

Ia mengatakan, UMKM, sangat berperan dalam penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi.

Menurut data dari biro perekonomian, saat ini Lampung memiliki UMKM sekira 199.661 pelaku usaha.

Potensi UMKM Lampung yang besar tersebut, ia mendorong perbankan untuk membantu UMKM melalui pembinaan dan permodalan melalui kredit usaha rakyat (KUR).

Gubernur juga berkomitmen untuk membangun UMKM Lampung dengan merencanakan pendirian pusat UMKM  yang berlokasi di wilayah Wayhalim atau Institut Teknologi Sumatera (Itera).

Meskipun diketahui tingkat pengembalian KUR Lampung hampir mendekati 100 persen, gubernur tetap mendorong pihak perbankan agar tetap waspada dan melakukan kajian yang menyeluruh dalam penyaluran KUR agar di kemudian hari program KPB terus berjalan dan dirasakan manfaatnya para petani.

Senada dengan gubernur, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Budiharto Setyawan mengatakan dengan tingkat pengembalian KUR Lampung yang mencapai hampir 100 persen, tidak ada alasan bagi perbankan untuk tidak mendukung program gubernur.

Guna mendukung rencana pembangunan pusat UMKM oleh gubernur tersebut, Pimpinan Wilayah BRI Bandar Lampung Hari Purnomo menyatakan telah menyiapkan dana Rp1 miliar. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini