100 UMKM Ikuti Festival Kopi di Jayapura

0
140

PAPUA – WARTAALAM.COM – Sekitar 100 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengikuti Festival Kopi yang dilaksanakan Bank Indonesia Perwakilan Papua di Jayapura.

Dari 100 UMKM yang mengikuti festival yang akan berlangsung hingga Sabtu (9/10) itu, 40 UMKM di antaranya bergerak di usaha kopi, sisanya dari usaha kuliner, aksesories, fesyen, dan produk lainnya.

Kepala Bank Indonesia (BI) Papua Naek Tigor Sinaga di Jayapura, Senin (4/10/2021), mengatakan festival yang dilaksanakan sejak Minggu (3/10) sekaligus dalam rangka memeriahkan PON XX.

PON XX yang sedang berlangsung tidak hanya menyuguhkan panggung kompetisi, namun juga kesempatan untuk melihat langsung produk UMKM, keindahan alam, serta adat istiadat masyarakat Papua.

Berdasarkan data yang dimiliki, UMKM menopang 63 persen dari perekonomian Papua dan ini menunjukkan betapa pentingnya peran UMKM dalam denyut nadi ekonomi Papua.

Sekira 400 UMKM dilibatkan dalam penyelenggaraan PON dengan mempromosikan beragam kerajinan, aksesoris dan kain tradisional khas Papua, hingga aneka kuliner makanan dan minuman.

Dalam mendukung suksesnya PON XX, selain melaksanakan festival kopi, Kantor Perwakilan BI Provinsi Papua juga bekerja sama dengan seluruh perbankan dan penyelenggara jasa sistem pembayaran meningkatkan jumlah merchant dari 31 ribu pada tahun 2020 meningkat menjadi 75 ribu merchant  saat ini.

Dari jumlah tersebut, 85 persen di antaranya berada di empat klaster penyelenggara PON, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke, kata Naek Sinaga. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini