Dinas PMP Pringsewu Gelar Monev Kegiatan Tahap Pertama 2021

0
117

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu, Lampung, menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Tahap I tahun 2021 di Kecamatan Sukoharjo, Kamis, (16/9/2021).

Dalam kegiatan itu Dinas PMP terbagi dua tim. Kabid Pembangunan dan kasi Pembangunan serta para serta staf lain dinas tersebut memimpin serta mengunjungi pekon (desa) di wilayah Kecamatan Sukoharjo.

Tidak semua pekon di Kecamatan Sukoharjo yang kunjungi dan dilakukan Monev, kata .
Tri Haryono, saat monitoring di Pekon Sinarbaru Timur yang dihadiri seluruh aparat desa termasuk Kepala Totong H, Camat Sukoharjo Rudito beserta staf serta para pendamping desa.

Menurut dia, di Kecamatan Sukoharjo hanya empat pekon yang dimonitoring dan evaluasi.

Keempat desa, Pekon Siliwangi, Pekon Sinabaru Timur, Pekon Sukoharjo 4, dan Pekon Panggungrejo.

“Yang kami lihat hanya kegiatan du tahun 2021. Seharusnya sudah dilaksanakan sejak awal, mengingat keadaan yang tidak memungkinkan maka kami laksanakan saat ini,” katanya.

“Tim kami bagi menjadi dua. Wilayah barat (Siliwangi dan Sinarbaru Timur) langsung saya, sedangkan wilayah Timur (Sukoharjo 4 dan Panggungrejo) Budi Santoso, kasi pada bidang saya,” katanya.

“Dalam Monev yang akan kami lihat, administrasi lekon, aturan dan pelaporan. Pekon yang akan kami Monev hendaknya menyiapkan beberapa item tersebut, mengingat ada beberapa perubahan dalam pengelolaan Dana Desa dan untuk tata kelola pemerintahan pekon juga diserahkan ke PMP. Kami tidak hanya lihat pengelolaan desa saja, tetapi juga mengenai tata kelola pemerintahan,” kata dia.

Kegiatan itu, kata dia, supaya pengelolaan berjalan baik, bila ada beberapa kasi pekon yang belum paham silahkan bertanya. Kegiatan sifatnya pembinaan.

Sementara itu Kapekon Sinarbaru Timur Totong H, mengucapkan terimakasih kepada Tim Monev yang telah datang ke pekon itu untuk melihat secara langsung.

“Kami berharap bimbingan dan arahan sehingga dalam pengelolaan administrasi pekon, kami dapat bekerja dengan baik, dan berharap kepada para aparatur pekon bertanya bila masih belum mengetahui mengenai pengelolaan adminitrasi sehingga dapat bekerja dengan baik,” katanya

Camat Sukoharjo Rudito, mengucapkan terimakasih kepada Tim Monev yang telah berkunjung ke kecamatan tersebut.

“Mohon bimbingan untuk para aparatur pekon agar dapat mengerti mengenai perubahan dalam pengelolaan administrasi,” kata Rudito.

Selain adminitrasi pekon, tim juga melihat hasil pembangunan fisik melalui ADD tahap I 2021.

Kabid Pembangunan Dinas PMP Tri Haryono, didampingi Camat Sukoharjo Rudito, Kakon Sinarbaru Timur Totong H, beserta aparat pekon dan para pendamping, mininjau Dusun Kaliduren, Pekon Sinar Baru Timur. Sebelumnya tim berkunjung ke Pekon Siliwangi.

Di Pekon Siliwangi tim disambut Kapekon setempat Maryono dan Sekdes Surip Akhmaja. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini