Dinas Perikanan Pringsewu Canangkan Program Gerbang Ikan Desa

0
140

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu, Lampung, mencanangkan program Gerakan Membangun Perikanan (Gerbang Ikan) Desa.

Sebagai langkah awal, program tersebut akan dijalankan Pekon Lugusari, Kecamatan Pagelaran.

Kepala Dinas Perikanan Pringsewu Debi Hardian mengatakan, landasan program tersebut, enam isu strategis permasalahan perikanan di kabupaten itu.

Seperti, konsumsi ikan masih rendah, kualitas dan kuantitas SDM masih kurang, kelembagaan masih lemah, produksi ikan dan nilai tambah masih rendah, pelayanan masih rendah dan partisipasi masyarakat dan stakeholder masih kurang.

“Hasil Focus Discusison Grub (FGD) kami dengan stakhaloder terkait maka kami akan mencanangkan program Gerbang Ikan Desa,” ujarnya, Jumat (17/9/2021).

Menurut dia, dalam pembangunan perikanan semestinya bottom – up bukan top down. Artinya dengan berbasis keterlibatan aktif masyarakat, pola pemdampingan yang intensif, pemanfaatan IT berbasis digital, integrasi bisnis perikanan hulu sampai hilir, keterlibatan OPD terkait seperti perguruan tinggi, perbankan dan lainnya.

Tujuan jangka panjang program tersebut, tersedianya infrastruktur yang cukup, sarana prasarana produksi yang murah, pangsa pasar yang luas, produksi dan nilai jual tinggi, kelembagaan yang kuat, pembangunan perikanan berkelanjutan dan berdaya saing serta SDM kompeten.

Gerbang Ikan Desa diharapkan mampu mengajak warga dan stakeholder dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pembangunan di bidang perikanan, melalui pemberdayaan masyarakat desa, ujarnya. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini