23.1 C
Bandar Lampung
Minggu, September 25, 2022
spot_img
BerandaKesehatanHindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sarapan

Hindari Makanan dan Minuman Ini Saat Sarapan

 13 dilihat

JAKARTA – WARTAALAM.COM – Dokter spesialis gizi klinik dari Universitas Indonesia, Juwalita Surapsari mengatakan, ada sejumlah makanan dan minuman yang perlu Anda hindari saat sarapan agar tak langsung buang air besar (BAB).

“Sarapan faktor kebiasaan juga sehingga orang yang tidak terbiasa sarapan ada keluhan ingin BAB setelah sarapan. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dihindari supaya tidak langsung BAB setelah makan,” kata dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah itu kepada ANTARA melalui pesan elektroniknya, dikutip Kamis (1/7/2021).

Makanan dan minuman ini yakni mengandung susu atau produk susu seperti butter, keju, mentega dan yogurt, lalu kopi karena bisa langsung menstimulasi saluran pencernaan dan akan membuat Anda ingin langsung BAB, serta makanan yang pedas dan asam.

Lalu bagaimana dengan mi instan untuk sarapan? Menurut Juwalita makanan ini tidak ideal. Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai zat gizi termasuk protein dan serat agar kenyang lebih lama.

“Protein dan serat dalam jumlah cukup agar kenyang lebih lama karena makanan ini akan tinggal di lambung lebih lama, sehingga kita akan merasa kenyang dan terhindar dari mengemil berlebihan di jam berikutnya,” ujar Juwalita.

Pakar kesehatan sebelumnya merekomendasikan protein baik itu hewani maupun nabati saat sarapan karena kandungan zat besi hem dan non-heme di dalamnya bisa mencegah Anda kekurangan zat besi yang berujung anemia. Anda bisa menambahkan vitamin C untuk mempercepat penyerapan zat besi seperti buah jeruk, tomat atau paprika.

Di sisi lain, Anda juga perlu mengombinasikan berbagai zat gizi dalam menu sarapan Anda yakni juga memasukkan karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin serta setidaknya memenuhi 15-30 persen kebutuhan energi harian. Soal waktu sarapan, pakar gizi dari PERGIZI Pangan menyarankan sebaiknya sebelum jam 09.00 atau sebelum Anda beraktivitas.

Kemudian terkait BAB yang dianggap normal, sebenarnya tidak ada aturan baku berapa kali Anda harus melakukannya dalam sehari atau sepekan.

Namun, penelitian menunjukkan tiga kali buang air besar sehari sampai tiga kali seminggu bisa menjadi normal. (*)

Berita Terkait

Diversifikasi Olahan Solusi Tingkatkan Konsumsi Ikan

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan...

Wagub Lampung: Perlu Bangun Sistem Kesehatan Tahan Iklim

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia...

Lamsel Terima Penghargaan UHC Tahun 2022 dari BPJS Kesehatan

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel)...

Paripurna Pemandangan Umum PKS dan Demokrat Lamtim Tolak Kenaikan BBM

LAMPUNG TIMUR, WARTAALAM.COM - Paripurna DPRD dalam penyampaian pandangan...
spot_img
Semua Negara
620,000,208
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on September 25, 2022 1:40 am

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini