23.9 C
Bandar Lampung
Sabtu, Desember 10, 2022
spot_img
BerandaDaerahKarantina Pertanian Dukung Ekspor Sarang Burung Walet Langsung dari...

Karantina Pertanian Dukung Ekspor Sarang Burung Walet Langsung dari Lampung

 26 dilihat

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Balai Karantina Pertanian Lampung terus mendorong komoditas sarang burung walet (SBW) langsung diekspor ke luar negeri dari provinsi ini dan tidak harus melalui daerah lain.

Kalau bisa ekspor langsung dari Lampung kenapa harus melalui daerah lain, kata Subkoordinator Substansi Karantina Hewan, Karantina Pertanian Lampung Akhir Santoso, saat dihubungi di Bandar Lampung, Senin 28/6/2021).

Ia mengatakan, selama ini produk SBW dari Lampung selalu dikirimkan ke berbagai daerah di Indonesia yang tujuan diolah kembali kemudian diekspor ke sejumlah negara.

Berdasarkan data IQFAST Karantina Pertanian Lampung, pada 2020 tercatat 62 ton SBW asal Lampung telah dikirim ke berbagai daerah. Tingginya pengiriman SBW dari Lampung ke berbagai daerah tentu menjadi perhatian bersama, kata dia.

Menurutnya, banyak rumah walet di Provinsi Lampung yang tersebar di berbagai kabupaten/kota menjadi bukti bahwa daerah ini mampu menghasilkan produk ekspor yang bernilai ekonomis tinggi.

Potensi dan peluang ini tentu harus ditangkap serta direspons dengan baik. Kenapa ekspor harus melalui daerah lain kalau dari provinsi ini bisa, yang tentunya akan lebih menghemat biaya pengiriman dan juga dapat mendongkrak perekonomian daerah, katanya.

Menurut dia, dengan telah adanya beberapa tempat pencucian SBW di provinsi, pihaknya pun merasa optimis daerah ini bisa langsung mengekspor SBW ke negara lain.

Bahkan, kata dia, Balai Karantina Pertanian Lampung sudah turun langsung ke lapangan guna melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha SBW di berbagai tempat pemprosesan yang tersebar di Lampung untuk mencari akar permasalahan serta solusi agar ekspornya dapat langsung dari Lampung.

Yang menjadi kendala saat ini ternyata para pelaku usaha belum mengerti prosedur atau tahapan yang harus dilakukan bila harus langsung ekspor sendiri, kata dia.

Ke depan, kata dia, Karantina Pertanian Lampung akan terus membina dan akan memberikan bimbingan teknis terkait ekspor SBW yang ditargetkan dalam waktu dekat dapat langsung melakukan ekspor sendiri.
(*)

spot_imgspot_img

Berita Terkait

Tenis Meja, Tiga Daerah Lolos ke Final Tunggal Putra dan Putri

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Tiga daerah, Bandarlampung, Kota Metro,...

Porprov IX Lampung 2022: Sistem “Medali Plasma” Menjamur

LAMPUNG, WARTAALAM.COM - KENDATI pertarungan di kancah terbesar daerah...

TPHP Lamsel Canangkan Gertak Tanam Cabai Merah

LAMPUNG SELATAN, WARTAALAM.COM - Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan...
spot_img
Semua Negara
652,527,541
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on December 9, 2022 7:43 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini