Warga Harus Merasakan Manfaat Seluruh Aspek Pembangunan

0
87

LAMPUNG TIMUR – WARTAALAM.COM – Bupati Lampung Timur (Lamtim) Dawam Raharjo mengatakan warga harus merasakan manfaat seluruh aspek prmbangunan.

Menurut dia pada Penetapan Data SDGs Desa tahun 2021, di Desa Tegalyoso, Kecamatan Purbolinggo, Jumat, (4/6/2021), seluruh program pembangunan untuk kepentingan bersama.

Dalam rangka mewujudkan pembangunan desa maka Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menetapkan arah pembangunan desa hingga tahun 2030 mendatang yang disebut dengan SDGs Desa, pembangunan total atas desa.

Warga harus merasakan manfaat seluruh aspek pembangunan tanpa ada yang terlewat (no one left behind) yang mengarah pada 18 tujuan pembangunan berkelanjutan

Bupati setempat Dawam berharap dengan data yang akurat program-program yang telah dicanangkan dapat berjalan baik.

Ia menyatakan memberikan dukungan untuk kegiatan tersebut.

“Saya sebagai bupati Lampung Timur mendukung kegiatan ini dan program yang ada,” kata dia.

Dengan data yang akurat pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten tidak akan salah sarah dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang diambil akan sesuai dengan kebutuhan dan keadaan yang ada di lapangan.

“Kami akan terbuka terkait data agar semua bisa mengakses sehingga tidak terjadi monopoli data,” ujarnya.

Kang Dawam juga mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut.

Beberapa waktu lalu, Desa Tegalyoso, Lampung Timur masuk ke nominasi 10 Desa Terbaik Keterbukaan Informasi Publik tingkat nasional.

Prestasi itu didapat pada Peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2021 yang digelar Komisi Informasi Pusat.

“Saya mengapresiasi Desa Tegalhoso yang menginovasi diri dengan mengadakan Musyawarah Desa Khusus Penetapan Data SDGs Desa dengan metode tatap muka dengan memperhatikan protokol Kesehatan. Selain itu kegiatan ini juga dilakukan dengan metode digital melalui zoom meeting dan link youtube,” katanya.

Usai menghadiri tersebut Dawam Rahardjo melanjutkan Halal Bi Halal dengan ketua dan anggota TP-PKK setempat, di Aula Rumah Dinas Bupati Lampung dan pengukuhan pengurus DPD Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABDSI) kabupaten periode 2020-2026, di Aula Atas Sekretariat Daerah Kabupaten.

Hadir pada kegiatan itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Yudi Irawan fan Camat Purbolinggo Akih Sunaryo. ( ril/ oz,)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini