Masih Banyak Lulusan Paket C Belum Terserap Universitas

0
138

BANDAR LAMPUNG – WARTAALAM.COM – Hingga saat ini masih banyak lulusan kesetaraan (Paket C) di Lampung yang belum terserap di berbagai perguruan tinggi dan universitas yang ada.

Menurut Ketua DPW Forum Komunikasi Pusat Kegiayan Belajar Masyarakat Privinsi Lampung, Selamet Efendi pada Silaturahmi antara Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FKPKBM) se-Lampung bersama BPP-Universitas Megopak Tulangbawang, di RM Nusantara, Bandar Lampung, Rabu (26/5/2021), untuk tahun 2021 saja ada sekira 41 ribu lulusan Paket C se-Lampung.

Dia mengatakan, kegiatan itu sebagai meningkatkan silaturahmi sesama pengurus PKBM dan kalangan perguruan tinggi yang ada.

Di samping itu sebagai rakor dan menjalin kerjasama dengan universitas yang ada.

Dia mengatakan, selama ini banyak lulusan PKBM setara SLTA (paket C) yang belum tersalurkan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan universitas

“Mari seluruh pengurus PKBM kita salurkan lulusan paket C untuk melanjutkan pendidikannya, bukan dilepaskan begitu saja,” katanya.

Selama ini PKBM sudah menjalin kerjasama dengan Universitas Nahdahtul Ulama (UNU) Lampung Timur dan Akbid.

Masuknya Universitas Megopak Tulangbawang (UMPTB) sebagai mitra PKBM, kata dia, merupakan masukan positif dan perlu mendapat respon mengingat setiap tahun kelulusan paket C di Lampung mencapai ribuan orang.

“Sangat disesalkan jika lulusan paket C di masing-masing daerah di Lampung jika dibiarkan begitu saja. Mari kita arahkan untuk mekanjutkan pendidikan sesuai jurusan atau fakultas yang mereka minati,” katanya.

Sementara itu Direktur Badan Pengembangan Akademik dan Kerjasama UMPTB, Latiful Wahid, M.Pd.I mengatakan, yang ingin datang ke kampus pihaknya telah menyediakan asrama beberapa hotel di Tulangbawang.

“Kami siap menyiapkan fasilitas lain termasuk Program KIP. Kami juga siap memberikan beasiswa untuk alumni paket C untuk tiga periode sebelumnya,” kata dia.

Menurut dia, mulai Mei 2021, UMPTB siap menerima 1000 mahasiswa dari paket C.

Untuk UAS dan UMPTN tanpa dipungut biaya. Khusus penerima KIP semua gratis termasuk asrama, katanya.

“Mari manfaatkan kesempatan yang sebaik-baiknya. Silahkan PKBM buka bimbingan belajar, kami dari universitas siap membantu sepenuhnya,” kata dia. (Amar)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini