Pekon Tanjunganom Menjadi Kampung KB Lampung

0
250

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Pekon Tanjunganom, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Pringsewu, Lampung dinobatkan sebagai Kampung KB Percontohan di Provinsi Lampung.

Peresmian sebagai Kampung KB Percontohan sekaligus peresmian Rumah Data Kependudukan Percontohan dilakukan Bupati Pringsewu.Sujadi didampingi Kepala Perwakilan BKKBN Lampung Uliantina Meiti,
di balai pekon setempat, Selasa (2/3/2021).

Peresmian yang ditandai penandatanganan prasasti dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Pringsewu Suryo Cahyono, Ketua TP-PKK Pringsewu Hj.Nurrohmah Sujadi dan Ketua DWP Hj.Sri Prihatin Iswahyudi, Kadis P3AP2KB kPringsewu H.Purhadi dan sejumlah kepala OPD lainnya, Camat Ambarawa Sutikno dan Kapekon Tanjunganom Muhyiddin dengan pembatasan dan protokol kesehatan.

Bupati Pringsewu, Lampung H.Sujadi berharap dengan ditetapkannya Pekon Tanjunganoml sebagai Kampung KB Percontohan dan diresmikannya Rumah Data Kependudukan Percontohan berdampak pada kemajuan pembangunan pekon dan peningkatan kualitas SDM, serta membawa kemaslahatan bagi masyarakat.

Kampung KB bentuk konkrit sebagai solusi dari masalah-masalah yang dihadapi warga, katanya.

Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi Lampung Uliantina Meiti, mengatakan pemerintah melalui BKKBN turut ambil bagian dalam pembangunan SDM melalui program strategis, di antaranya Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), yang diharapkan menjadi model solusi strategis dalam penguatan program pembangunan keluarga, kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), serta program pembangunank lainnya di berbagai tingkatan wilayah.

Kampung KB juga merupakan sarana memperkuat cakupan program Bangga Kencana dan program pembangunan lainnya, ujar dia.

Berdasarkan data dan laporan yang ada, kata Meiti, pengelolaan Kampung KB dan Rumah Data Kependudukan di Pekon Tanjunganomn telah dilaksanakan secara efektif dan tepat sasaran, serta memiliki kontribusi terhadap pencapaian tujuan dengan klasifikasi paripurna.

Pekon Tanjunganom ditetapkan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas dan Rumah Data Kependudukan percontohan tingkat Provinsi Lampung.

Dia mengatakan, BKKBN tahun ini mengemban amanah dari presiden RI sebagai koordinator percepatan penanganan stunting.

Kampung KB menjadi wilayah intervensi yang sangat strategis dalam menyosialisasikan dan mengimplementasikan berbagai program Bangga Kencana dan program lainnya dalam rangka pencegahan stunting di tingkat desa, bersama mitra dan lintas sektor terkait.

Melalui Kampung KB percontohan ini, diharapkan menjadi model, baik pelaksanaan maupun capaian program, katanya. (ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini