Sosialisasi dan Workshop Pelaporan Beban Kinerja Dosen

0
150

PRINGSEWU – WARTAALAM.COM – Sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 tahun 2009 tentang Dosen, disebutkan pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Tugas utama dosen melaksanakan tridharma perguruan tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 SKS dan paling banyak 16 SKS pada setiap semester sesuai kualifikasi akademik.

Pelaksanaan tugas utama dosen perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada para pemangku kepentingan.

Buku pedoman dimaksudkan memberikan arah dan tata-cara penetapan Beban Kerja Dosen dan Evaluasi Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.

Sebagaimana diketahui dosen merupakan komponen essential dalam suatu sistem pendidikan di perguruan tinggi.

Peran, tugas, dan tanggungjawab dosen sangat penting dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Mencerdaskan kehidupan bangsa, meningkatkan kualitas manusia Indonesia yang meliputi kualitas iman/takwa, akhlak mulia, dan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang maju, adil, makmur, dan beradab.

Untuk melaksanakan fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat strategis tersebut, diperlukan dosen yang profesional.

SPI Universitas Aisyah Pringsewu (UAP), Kamis (18/2/2021) melakukan sosialisasi dan workshop penyusunan beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD) tahun akademik 2020/2021 bagi dosen.

Sosialisasi dan workshop penyusunan beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD) tahun akademik 2020/2021 dosen itu dihadiri Sekretaris Yayasan Aisyah Lampung Fitriana, S.SiT., M.Kes, Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Herdono, S.Kep., Ners., M.Kep, Wakil Rektor I Ani Kristianingsih, SST., M.Kes, Wakil Rektor II Yenny Marthalena, SE., M.M, Wakil Rektor III Dian Arif Wahyudi, S.Kep., Ners., MAN, unsur pimpinan serta bapak ibu dosen.

Sosialisasi dan workshop penyusunan penyusunan beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD) tahun akademik 2020/2021 yang dimoderatori Nur Aminudin, M.T.I ini dibuka Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep.

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) Hardono, S.Kep., Ners., M.Kep mengatakan, beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kinerja dosen yaitu unjuk kerja Tridharma perguruan tinggi sebagai pengakuan atas kompetensi profesi dosen yang telah melalui proses sertifikasi dosen.

Kegiatan bertujuan meningkatkan kinerja dosen, memudahkan penyusunan beban kerja dosen dan mengerti secara teknis dalam penyusuan laporan kinerja dosen. Sebanyak 61 dosen mengikuti Sosialisasi dan workshop penyusunan beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD) tahun akademik 2020/2021 yang digelar di LT3 Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu (UAP).

Sementara Sekretaris Yayasan Aisyah Lampung Fitriana, S.SiT., M.Kes dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan rektor dan jajarannya, dosen wajib hukumnya untuk melaksanakan Tridharma perguruan tinggi.

Kegiatan Sosialisasi dan workshop penyusunan penyusunan beban kerja dosen (BKD) dan laporan kinerja dosen (LKD) tahun akademik 2020/2021 diisi oleh Kepala SPI Universitas Aisyah Pringsewu Surmiasih, S.Kep., Ns., M.Kes dimulai dengan materi regulasi implementasi dan Rubrik BKD serta dilanjutkan dengan penyusunan/pengisian LKD dan BKD, Dekan Fakultas Teknologi dan Informatika Universitas Aisyah Pringsewu Zulkifli, S.T., M.Kom dengan materi sosialisasi Aplikasi untuk Mendokumentasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Riska Hediya Putri, S.Kep., Ners., M.Kep dengan materi Kinerja Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Tahta Herdian Andika, M.T.I dengan materi Aplikasi LPPM Universitas Aisyah Pringsewu.

Aplikasi untuk mendokumentasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang disosialisasikan ini merupakan aplikasi yang dikembangan oleh TIM Inovasi Universitas Aisyah Pringsewu yang diketuai oleh Zulkifli, S.T., M.Kom, hal ini merupakan terobosan bagi Universitas Aisyah Pringsewu dalam memudahkan dosen mendokumentasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.(ade)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini