Bupati Pringsewu Pimpin Peringatan HSN 2020

0
134

PRINGSEUWU – WARTAALAM.COM – Bupati Pringsewu, Lampung, Sujadi pimpin peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2020, di Halaman Islamic Centre setempat, di Pekon Fajaragung Barat, Kecamatan Pringsewu, Kamis (22/10/20).

Upacara yang diikuti santri sejumlah pondok pesantren dengan protokol kesehatan serta semuanya mengenakan bersarung dan kopiah.

Turut hadir jajaran pemerintah daerah, DPRD, Forkopimda, Kementerian Agama, TP-PKK, MUI, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah beserta ormas Islam lainnya juga pimpinan pondok pesantren serta tokoh masyarakat dan agama.

Bupati Pringsewu Sujadi membacakan amanat tertulis Menteri Agama RI mengatakan, Presiden RI Joko Widodo melalui Keputusan Presiden No:.22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Penetapan itu merujuk tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Resolusi jihad inilah yang kemudian mencetuskan peristiwa heroik 10 November 1945, yang hingga kini kita peringati sebagai Hari Pahlawan,” katanya.

Selain penetapan Hari Santri, kata dia, santri dan pesantren juga telah memiliki UU No: 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.

Undang undang ini memberikan fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakar, ujarnya.

Seusai upacara bendera peringatan HSN 2020 yang mengangkat tema “Santri Sehat Indonesia Kuat” Sujadi meresmikan Masjid Asma’ul Husna Islamic Centre Kabupaten Pringsewu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penabuhan bedug berukuran besar serta pengguntingan pita di pintu masuk masjid, kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon kurma di area komplek Islamic Centre.

Sujadi berharap Islamic Centre menjadi pusat kegiatan keagamaan di Bumi Jejama Secancanan. (Ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini