22.5 C
Bandar Lampung
Jumat, Oktober 7, 2022
spot_img
BerandaDaerahPemuda Peduli Sanitasi Tubaba Cetak Paving Block Berbahan Sampah...

Pemuda Peduli Sanitasi Tubaba Cetak Paving Block Berbahan Sampah Plastik

 23 dilihat

TUBABA, WARTAALAM.COM —  Kreatifitas kelompok pemuda inovatif yang menamakan diri Pemuda Peduli Sanitasi Kabupaten Tulang Bawang Barat (PPS Tubaba) patut diacungi jempol dan mendapat apresiasi. Pemuda Peduli Sanitasi binaan Puskesmas Candra Mukti Kecamatan Tulang Bawang Tengah itu tengah melakukan uji coba pemanfaatan sampah plastik dengan didaur ulang menjadi barang berguna seperti paving block. 

“Ini uji coba kami yang ke-3, kami masih harus menyempurnakan lagi sebelum dilounching”, kata Margiyono, Ketua PPS Tubaba.

Ditemui disalah satu rumah anggota PPS yang ada di Tiyuh Daya Asri Kecamatan Tumijajar saat uji coba berlangsung, Ketua PPS Tubaba dengan didampingi Koordinator Wirausaha Sanitasi Puskesmas Candra Mukti (Wusan Simasanti), Firdaus Ali Akbar dan Pembina PPS Tubaba, Hartono, kepada PojokTubaba.Com menjelaskan, untuk mendapatkan hasil cetakan satu paving block seberat satu kg dibutuhkan 2 kg plastik dicampur 5 cangkir takaran bahan perekat. 

“Upaya yang dilakukan anak-anak binaan Puskesmas Candra Mukti ini setidaknya bakal mengurangi limbah sampah plastik yang ada”, terang Hartono.

Hal tersebut diamini oleh Firdaus Ali Akbar, pria energik yang akrab disapa Mas Dede itu menjelaskan, kegiatan PPS Tubaba ini adalah bagian dari gerakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yaitu pendekatan yang dilakukan untuk merubah perilaku hieginis dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan.

Namun demikian, Hartono dan Firdaus Ali Akbar sama-sama sepakat, merubah perilaku dan menggerakkan warga untuk pengelolaan sampah terutama dalam pemilahan sampah organik dan non organik itu tidaklah mudah. Untuk hal itu, Wusan Simasanti dan PPS Tubaba serta Forum Tubaba Sehat sering bertemu dan diskusi bersama untuk pemecahan soal sampah.

Ketua Forum Tubaba Sehat yang juga aktifis Gerakan Perlindungan Anak Asa Negeri (LPA GENERASI) Kabupaten Tulang Bawang Barat, Elia Sunarto yang juga hadir dalam demo percobaan paving block itu menuturkan, pihaknya bekerjasama dengan Kecamatan Tulang Bawang Tengah sedang mencari formula untuk mengatasi kendala pengelolaan sampah.

“Kemarin sebelum Lokmin Linsek di Puskesmas Mulya Asri dimulai, saya bersama Pak Dahyi Adiwijaya (; Plt Camat Tulang Bawang Tengah) dan dr. Edi Winarso Kepala Puskesmas Mulya Asri sempat membahas rencana rakor penanganan soal sampah”, terang Elia Sunarto.

Penanganan sampah mendapat perhatian serius Forum Tubaba Sehat, Elia Sunarto ajak semua elemen bersinergi mengatasi persoalan tersebut, terutama untuk mendukung program Pemkab Tubaba menuju Kabupaten Sehat. (*ES.007)

Berita Terkait

Banjir, 4.672 pelajar di Aceh Utara Diliburkan

BANDAR ACEH, WARTAALAM.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten...

Lampung Jaga Kesehatan Koperasi

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meningkatkan...

PSSI Sebut FIFA tak Bahas Sanksi Indonesia Akibat Tragedi Kanjuruhan

JAKARTA, WARTAALAM.COM - Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto...

Karateka Lampung Gondol Dua Emas di Kejurnas FORKI di Padang

BANDAR LAMPUNG, WARTAALAM.COM - Dua karateka Provinsi Lampung menggondol...
spot_img
Semua Negara
625,792,449
Total kasus terkonfirmasi Kasus Covid
Updated on October 7, 2022 4:00 pm

Langganan Berita

- Never miss a story with notifications

- Gain full access to our premium content

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini