Jelang Nataru, Tim Gabungan Pemkab Lampung Selatan Pantau Harga Sembako

0
111

Lampung Selatan, wartaalam.com–Tim Gabungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memantau harga dan ketersedian barang sembilan bahan pokok (sembako) di sejumlah pasar menjelang peringatan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, Selasa (12/11/2023).

Tim Gabungan terdiri dari organisasi perangkat daerah, unsur polres dan Kodim 0421, Kejaksaan Negeri, serta kansilog Bulog Kalianda.

Tim tersebut terbagi dua untuk memonitoring ke sejumlah pasar guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok.

Dari pantauan, tim pertama melakukan monitoring di pasar tradisional di Kecamatan Kalianda dan Sidomulyo. Kemudian, tim kedua memonitoring di pasar Kecamatan Jati Agung dan Natar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ketua Tim Gabungan Pertama, Darmawan mengatakan, harga bahan pangan pokok seperti beras, gula, dan minyak goreng cenderung stabil dan masih pada level yang dapat diakses konsumen.

Namun, pada sektor sayur mayur ada kenaikan harga signifikan, terutama harga cabai yang saat ini melonjak tinggi.

“Hari ini kami memantau harga-harga kebutuhan pokok. Jadi tugas kami memantau harga-harga kebutuhan pokok. Di antaranya harga beras, masih stabil dan pasokan cukup. Kemudian, sayur-sayuran harga sedikit naik,” ujarnya.

Menurut dia, akan terus memantau dinamika harga untuk mencegah lonjakan yang signifikan, dengan mengimplementasikan langkah-langkah pengendalian inflasi guna menjaga daya beli masyarakat.

“Tujuan pemantauan sebagai bahan Pemkab mengambil kebijaksanaan, intervensinya seperti apa nanti kalau dia harganya lebih tinggi,” ujarnya.

Selain memantau pasar, tim gabungan pertama juga memantau stok dan masa kadaluarsa di beberapa waralaba sekitar pasar.

Sementara, dari hasil monitoring di Pasar Kalianda dan Sidomulyo harga sembako terbilang masih normal. Ketersediaannya pun mencukupi. Berikut harga eceran tertinggi dari kisaran harga beberapa kebutuhan bahan pokok :

– Cabai rawit/Kg Rp.110.000

– Beras/Kg Rp.12.000

– Bawang Merah/Kg Rp.30.000

– Telur Ras/Kg Rp.27.000

– Minyak Kemasan Rp.14.000

– Sawi, Kol Rp.10.000

– Daging Ayam/Ekor Rp.45.000

– Daging Sapi/Kg Rp.140.000

-Daging Kambing/Kg Rp.130.000

– Buah Anggur/Kg Rp.60.000

– Buah Pir/Kg Rp.35.000

– Buah Apel/Kg Rp.45.000

(amar/kmf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini