Pemkab Pringsewu Gelar Upacara Hari Pahlawan

0
78

PRINGSEWU, Wartaalam.com – Upacara peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Pringsewu digelar di Lapangan Pemkab setempat, Jumat (10/11/2023) pagi, dengan inspektur upacara Penjabat Bupati Adi Erlansyah.

Pada upacara yang dihadiri jajaran pemerintah daerah dan forkopimda, serta diikuti para pegawai ASN, anggota kepolisian dan prajurit TNI, bertindak sebagai perwira upacara Iptu Restu Marwoto, komandan upacara Ipda Agus Dharmawan, pembaca teks pembukaan UUD 1945 Asisten Pemerintahan dan Kesra Ihsan Hendrawan, serta pembaca pesan-pesan pahlawan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pringsewu Sukarman.

Menyampaikan amanat tertulis Menteri Sosial RI Tri Rismaharini, Penjabat Bupati setempat Adi Erlansyah mengatakan, peringatan Hari Pahlawan sangat bermakna bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hari Pahlawan ini, diperingati dengan mengusung tema ‘Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’. Tema diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata, mengingat Indonesia merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral,” katanya.

Menurutnya, inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara. Ancaman dan tantangan ini akan ditaklukkan dengan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945.

“Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan,” ujarnya.

Selepas upacara, penjabat bupati beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda melakukan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pejuang Purnayudha Bhakti, Kaligambang, Keputran, Kabupaten Pringsewu, serta pemberian bingkisan bagi para anggota Legiun Veteran RI. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini