Polres Pringsewu Gencarkan Edukasi Pencegahan Zoonosis

0
45

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Dalam upaya pencegahan dan penanganan penyakit zoonosis, Dokkes Polres Pringsewu menggelar sosialisasi tentang cacar monyet.

Kegiatan itu dilaksanakan bagian program preventif yang bertujuan meningkatkan kesadaran terhadap ancaman penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

Sosialisasi yang berlangsung di halaman Mapolres Pringsewu, Jumat (3/11/2023) pagi usai apel dipimpin Kasi Dokkes, Ipda dr. Deno Madasa Subing dan diikuti ratusan personel polres setempat.

Pemahaman mengenai cacar monyet sebagai penyakit zoonosis yang dapat mengancam kesehatan manusia, katanya.

“Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap warga lebih waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat untuk melindungi diri dari ancaman cacar monyet,” ujar Deno.

Selama sesi sosialisasi, Deno memberikan informasi mendalam mengenai gejala, penularan, dan upaya pencegahan cacar monyet.

Seluruh personel polres diajak lebih cermat dalam mengenali perilaku hewan yang berpotensi menyebabkan penularan penyakit serta waspada saat berada di daerah yang memiliki populasi monyet liar.

Tidak hanya memberikan pengetahuan, kegiatan itu juga melibatkan sesi tanya jawab untuk memberikan ruang kepada seluruh anggota untuk bertanya seputar cacar monyet. Hal itu diharapkan dapat memperkuat pemahaman tentang penyakit tersebut.

Sementara itu, Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya mengatakan, sosialisasi bagian dari komitmen polres setempat untuk memberikan kontribusi positif dalam upaya pencegahan penyakit zoonosis di wilayah tersebut.

“Semua pihak perlu bersinergi menciptakan lingkungan yang sehat dan aman. Dengan pengetahuan yang diberikan melalui kegiatan ini, diharapkan personel lebih proaktif dalam menjaga kesehatan dan mengurangi potensi penularan penyakit,”¬†katanya.¬†(pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini