Kapolres Tanggamus Pimpin Upacara Peringati Sumpah Pemuda Tahun 2023

0
278

TANGGAMUS, WARTAALAM.COM – Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra pimpin upacara memperingati Sumpah Pemuda tahun 2023, di Lapangan Mapolres setempat, Sabtu (28/10/ 2023).

Rangkaian upacara, pengibaran bendera merah putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Iptu Ahmad Junaidi dan pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh AKP Amsar.

Tema “Bersama Majukan Indonesia”. Kapolres Tanggamus menyampaikan sejumlah pesan kepada peserta upacara, guna memaknai hari bersejarah tersebut.

Siswara Hadi Chandra mengatakan, momentum peringatan Sumpah Pemuda (HSP) mengingatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang menebar semangat jiwa patriotisme.

Sejarah itu juga sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan komitmen kebangsaan, bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

“Untuk itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang, agar pembangunan berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor,” katanya membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotejo.

Melalui logo Sumpah Pemuda yang bermakna membentuk barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa dan budaya.

“Marilah kita jadikan momen peringatan Sumpah Pemuda, untuk membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri, berkolaborasi bersama stakeholder baik pemerintah kabupaten/kota, organisasi kepemudaan, komunitas, dan elemen-elemen lain,” katanya.

Upacara tersebut diikuti para pejabat utama (PJU) Polres, pewira dan gabungan personel bintara serta ASN Polres. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini