ORARI dan Kwarcab Pringsewu Ikuti JOTA-JOTI 2023

0
111

PRINGSEWU, WARTAALAM.COM – Bekerjasama dengan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Pringsewu, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Pringsewu mengikuti Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI) 2023 yang akan berlangsung 20-22 Oktober 2023.

Upacara pembukaan digelar di Sekretariat ORARI Lokal Pringsewu, Jumat (20/10/2023), dibuka Ka Kwarcab sekaligus Ketua ORARI Lokal Pringsewu Fauzi (YB4SJB) didampingi jajaran Kwarcab dan ORARI Lokal Pringsewu, diikuti anggota Pramuka Kwarcab Pringsewu.

Fauzi mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada jajaran ORARI Lokal Pringsewu yang telah banyak mendukung kegiatan pramuka, di antaranya melalui JOTA-JOTI.

“Kami berharap sinergitas antara Pramuka dan ORARI dapat lebih erat dan harmonis lagi ke depan,” katanya.

Berdasarkan sumber yang ada, Jamboree On The Air (JOTA) kali pertama diprakarsai seorang amatir radio dari Inggris, Leslie R. Mitchel yang memiliki callsign (tanda panggilan) G3BHK pada 1957, dalam rangka memperingati 50 tahun Gerakan Pramuka se-dunia (Scout).

JOTA dilaksanakan menggunakan perangkat radio amatir, dengan mode CW (morse), maupun SSB, pada frekuensi tinggi (HF) pada band 40 dan 80 meter, guna mengenalkan dunia amatir radio, sekaligus membantu anggota Pramuka (Scout) berkomunikasi dengan sesama anggota pramuka lainnya di belahan dunia lainnya, atau dengan sesama anggota pramuka dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, untuk JOTA-JOTI nasional, menggunakan perangkat radio amatir.

Sedangkan untuk kegiatan Jamboree On The Internet (JOTI), melalui fasilitas internet. Pada kegiatan JOTA-JOTI 2023, Kwarcab Pringsewu mendapat tanda panggilan YH4SKJ. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini