Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polres Lampung Barat Gelar Apel Pasukan

0
87

LAMPUNG BARAT, Wartaalam.com – Dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, Polres Lampung Barat Polda Lampung melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata, di Lapangan Mapolres setempat, Selasa (17/10/2023).

Kapolres Lampung Barat Akbp Heri Sugeng Priyantho memimpin kegiatan yang dihadiri Forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda)), tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda tersebut.

Heri mengatakan, Apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 secara serentak di seluruh Indonesia.

Operasi dilaksanakan 222 hari, sejak 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024.

Apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun Sarpras Operasi Mantap Brata 2023-2024, sehingga Pemilu 2024 diharapkan terselenggara dengan aman dan lancar, ” katanya.

Sebagai dukungan terhadap Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polri juga menggelar Operasi Nusantara Cooling System 2023-2024, untuk membangun narasi besar “Persatuan dan Kesatuan, serta Kemajuan Bangsa di Atas Kepentingan Kelompok” guna mengantisipasi polarisasi akibat berita hoaks, isu sara, propaganda firehouse of falsehood dan black campaign yang dilengkapi dengan satgas anti money politics serta satgas pemilu damai.

Setelah Apel gelar pasukan, diteruskan pengecekan kendaraan dinas.

Pada hari yang sama, kegiatan dilanjutkan dengan Lat Praops (latihan pra operasi) Mantap Brata 2023 di Aula Rupatama Mapolres yang diikuti seluruh personel yang terlibat.

Heri memberi untuk dipedomani serta dilaksanakan, di antaranya laksanakan pengamanan dengan penuh tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP dengan menerapkan buddy system guna menjamin keselamatan personel.

Pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung ke lapangan melakukan pengawasan melekat kepada anggota masing- masing.

Lakukan pengaturan jadwal pengamanan, sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi prima.

“Mengingat operasi yang kita laksanakan cukup panjang dan pemilu 2024 dilakukan secara serentak,” katanya.

Kedepankan komunikasi publik dan upaya cooling system, agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan pemilu 2024 dan terhindar dari polarisasi.

Dan tingkatkan sinergi dan solid antara seluruh personel pengamanan maupun stakeholder terkait, karena hal tersebut kunci utama keberhasilan operasi, tuturnya. (pon)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini